Parhusip, Novita Sari (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 101772 TANJUNG SELAMAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER NOVITA SARI PARHUSIP (NIM.1133111054).pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN NOVITA SARI PARHUSIP (NIM.1133111054).pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
03. ABSTRAK NOVITA SARI PARHUSIP (NIM.1133111054).pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR NOVITA SARI PARHUSIP (NIM.1133111054).pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
05. DAFTAR ISI NOVITA SARI PARHUSIP (NIM.1133111054).pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL NOVITA SARI PARHUSIP (NIM.1133111054).pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
07. DAFTAR DIAGRAM NOVITA SARI PARHUSIP (NIM.1133111054).pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
08. DAFTAR GAMBAR NOVITA SARI PARHUSIP (NIM.1133111054).pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
09. DAFTAR LAMPIRAN NOVITA SARI PARHUSIP (NIM.1133111054).pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
09. DAFTAR LAMPIRAN NOVITA SARI PARHUSIP (NIM.1133111054).pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
10. BAB I NOVITA SARI PARHUSIP (NIM.1133111054).pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
14. BAB V NOVITA SARI PARHUSIP (NIM.1133111054).pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA NOVITA SARI PARHUSIP (NIM.1133111054).pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick di kelas IV.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus dan subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101772 Tanjung Selamat yang berjumlah 37 orang siswa yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick.Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus yakni siklus I dan siklusII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes dan observasi.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: nilai rata-rata dari 37 orang siswa hasil belajar pada pre test adalah 53,24% yaitu sebanyak 11 siswa yang tuntas belajar dengan presentase ketuntasan 29,72% dan yang tidak tuntas sebanyak 26 dengan presentase 70,27%, hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 69,1 yaitu sebanyak 25 siswa yang tuntas belajar dengan presentase ketuntasan adalah 67,6% dan 12 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 32,4% dan hasil belajar siswa pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 89,2 yaitu sebanyak 33 siswa yang tuntas belajar dengan presentase ketuntasan 79% dan 4 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 10,8% . Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SDNegeri No. 101772Tanjung Selamat Tahun Ajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 203 |
Keywords: | Hasil Belajar,Model Talking Stick,Pembelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 11:58 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24860 |