Samosir, Eskaida (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUTHENTIC LEARNING DAN LISTENING TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X-AP SMK TAMAN SISWA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133141022 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 7133141022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
3. NIM. 7133141022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM. 7133141022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 7133141022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
6. NIM. 7133141022 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7133141022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7133141022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 7133141022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
13. NIM. 7133141022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 7133141022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran kearsipan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran authentic learning dengan listening team. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Taman Siswa Medan yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik random Sampling dengan mengambil sampel secara acak yaitu kelas X Adm Perkantoran 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan X Adm perkantoran 2 sebagai kelas eksperimen 2. Sampel penelitian kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 masing-masing berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda 20 soal. Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan dengan model pembelajaran authentic learning dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran listening team. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen 1 rata-rata pre-test sebesar 30,2 dan nilai rata-rata post-test adalah 79,4 sedangkan nilai rata-rata pre-test untuk kelas eksperimen 2 adalah 37,2 dan nilai rata-rata post-test adalah 69. Persentase peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar 61,96% dan pada kelas eksperimen 2 sebesar 46,09%. Hasil uji t diperoleh thitung 4,062 dan ttabel 1,676, sehingga hipotesis yang berbunyi hasil belajar kearsipan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran authentic learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran listening team.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 022 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran Authentic Learning |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 10:39 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24859 |