Sipayung, Systra Novany (2017) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN SIKAP GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN PEMASARAN KELAS X PADA BIDANG STUDI PEMASARAN ONLINE SMK 01 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 7131141116. COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
02. NIM. 7131141116. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
03. NIM. 7131141116. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
04. NIM. 7131141116. PREFACE.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
05. NIM. 7131141116. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
06. NIM. 7131141116. TABLES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
07. NIM. 7131141116. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
08. NIM. 7131141116. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
09. NIM. 7131141116. CHAPTER I. pdf.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
13. NIM. 7131141116. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
14. NIM. 7131141116. BIBLIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya penerapan nilai karakter siswa kelas X pemasaran dan sikap guru yang belum dapat menjadi panutan bagi siswa, yang mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter dan sikap guru terhadap prestasi belajar siswa jurusan pemasaran kelas X pada bidang studi pemasaran online. Penelitian ini dilakukan di SMK 01 Medan dengan sampel sebanyak 73 orang siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitan ini adalah observasi, dokumentasi dan angket atau kuesioner. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi software SPPS23.0. Teknik analisis data yang digunakan antara lain: uji normalitas, uji linearitas, uji multikolonieritas, uji heterokedastisitas, analisis linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis yaitu: uji t dan uji F yang dilakukan menggunakan aplikasi software SPSS 23.0. Hasil uji t menunjukan bahwa secara parsial pendidikan karakter memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan thitung = 7,321 > ttabel=1,666 pada taraf signifkan 95%, sikap guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan thitung = 5,488 > ttabel =1,666 pada taraf signifkan 95%. Hasil uji F menunjukkan bahwa pendidikan karakter dan sikap guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan Fhitung = 49,043 > Ftabel = 3,13 dengan signifikansi 0,000<0,05. Hasil perhitungan regresi berganda adalah Y = 9,913 + 0,496X1 + 0,332 X2 dengan koefisien determinasi sebesar 58,4%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan pendidikan karakter dan sikap guru terhadap prestasi belajar siswa baik secara parsial dan simultan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 NIAGA 011 |
Keywords: | Pendidikan karakter; Sikap guru; Prestasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 10:39 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24853 |