Sajidah (2017) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KREATIVITAS AFEKTIF BELAJAR MAHASISWA BK REGULER B 2015 FIP UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131151021_COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 1131151021_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
3. NIM. 1131151021_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM. 1131151021_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 1131151021_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 1131151021_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1131151021_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1131151021_BAB I.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
9. NIM. 1131151021_BAB II.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. NIM. 1131151021_BAB III.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
11. NIM. 1131151021_BAB IV.pdf - Published Version
Download (788kB) | Preview
12. NIM. 1131151021_BAB V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
13. NIM. 1131151021_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
14. NIM. 1131151021_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role playing terhadap kreativitas afektif belajar mahasiswa BK reguler B 2015 FIP Universitas Negeri Medan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret s/d bulan Mei 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen dengan pre-test post-test one group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Bimbingan Konseling stambuk 2015. Penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling sebanyak 10 orang mahasiswa BK dari kelas reguler B 2015 secara heterogen. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket kreativitas afektif belajar yang berjumlah 40 item pernyataan yang sudah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisis uji Wilcoxon menunjukkan bahwa J hitung = 26 dengan a = 0,05, adapun J tabel = 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 26>8. Artinya hipotesis diterima. Data pre-testkreativitas afektif belajar diperoleh skor rata-rata 94,6 sedangkan data post-testkreativitas afektif belajar diperoleh skor rata-rata sebesar 128. Artinya skor rata-rata mahasiswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok teknik role playinglebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok teknik role playing.Layanan bimbingan kelompok teknik role playing memberikan kontribusi sebesar 35% terhadap peningkatan kreativitas afektif belajar mahasiswa BK Reguler B 2015 FIP Universitas Negeri Medan tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 012 |
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Teknik Role Playing; Kreativitas Afektif Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 10:38 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 09:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24850 |