PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 MODEL MEDAN

Hasibuan, Nurhasani (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 MODEL MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM 061188210011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
NIM 061188210011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of NIM 061188210011 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
NIM 061188210011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of NIM 061188210011 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
NIM 061188210011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of NIM 061188210011 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
NIM 061188210011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of NIM 061188210011 BAB I.pdf]
Preview
Text
NIM 061188210011 BAB I.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[thumbnail of NIM 061188210011 BAB V.pdf]
Preview
Text
NIM 061188210011 BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of NIM 061188210011 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
NIM 061188210011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan kemampuan berbahasa Arab siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran grafis dan media pembelajaran konvensional. (2) Perbedaan kemampuan berbahasa Arab siswa yang memiliki penguasaan kosakata tinggi dan kosa-kata rendah bila diajar dengan menggunakan media pembelajaran grafis dan (3) interaksi antara media pembelajaran dan penguasaan kosa-kata terhadap kemampuan berbahasa Arab siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X tahun ajaran 2008-2009 yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 344 orang siswa dan sampelnya sebanyak 44 siswa yang diambil melalui cluster random sampling. Instrument tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah objektif tes sebanyak 50 item dengan 3 pilihan (a, b, dan c). Sebelum tes digunakan sebagai alat pengumpul data maka terlebih dulu tes tersebut diuji cobakan ke kelas lain yang bukan sampel, tujuannya agar item tes yang digunakan benar-benar sahih untuk menjaring data yang dibutuhkan.Validitas tes diukur dengan menggunakan rumus Korelasi Poin Biserial dengan cara memberi skor 1 pada jawaban yang benar dan 0 pada jawaban yang salah, kemudian skor item dikorelasikan dengan skor total dengan criteria valid apabila rhitung > dari rubel pada taraf signifikansi 0,05. Selanjutnya intrumen tersebut diukur daya beda dan taraf kesukaran butir tes. Untuk menguji reliabelitas tes digunakan rumus KR-20. Sebelum analisis data dilanjutkan terlebih dahulu dilakukan persyaratan analisis yakni persyaratan normalitas varians dengan menggunakan Uji Lilliefors dan persyaratan homogenitas varians digunakan Uji Barlett, karena terdapat interaksi antara variabel bebas dengan variabel terikat maka dilanjutkan dengan Uji Tuckey. Adapun teknik analis hasil yang digunakan adalah analisis varians Anava 2 jalur dengan taraf signifikansi 0,05.Hasil penelitian ini adalah; (1) Kemampuan berbahasa Arab siswa yang diajar dengan menggunakan media grafis lebih unggul daripada kemampuan berbahasa Arab siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran konvensional, (2) Kemampuan berbahasa Arab siswa yang memiliki tingkat penguasaan kosakata tinggi lebih unggul dari kemampuan berbahasa Arab siswa yang memiliki penguasaan kosa-kata rendah dan (3) Terdapat interaksi antara media pembelajaran dan penguasaan kosa-kata terhadap kemampuan berbahasa Arab. Bagi siswa yang memiliki penguasaan kosakata tinggi lebih cocok diajar dengan menggunakan media pembelajaran grafis dan siswa yang memiliki penguasaan kosakata rendah lebih cocok diajar dengan menggunakan media konvensional untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arabnya. Penelitian ini bermanfaat bagi guru untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui proses pembelajaran dengan cara meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memilih media pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran. Untuk itu disarankan kepada guru untuk menggunakan media pembelajaran garafis untuk siswa yang memiliki penguasaan kosa-kata tinggi dan media pembelajaran konvensional bagi siswa yang memiliki penguasaan kosa-kata rendah .

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Has p
Keywords: Kosakata; Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 05 Jul 2018 03:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2485

Actions (login required)

View Item
View Item