Sibarani, Erwin (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN STRATEGI THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IS SMAN 1 LAGUBOTI T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133142014 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 7133142014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
3. NIM. 7133142014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM. 7133142014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
5. NIM. 7133142014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 7133142014 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7133142014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7133142014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 7133142014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
13. NIM 7133142014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 7133142014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Permasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Explicit Intruction dengan Strategi Pembelajaran The Power Of Two pada Siswa Kelas XI- IS 3 SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Laguboti yang beralamat di jalan sekolah no 3 Laguboti Kabupaten Tobasa pada semester genap tahun pembelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI- IS 3 SMA Negeri 1 Laguboti dengan jumlah siswa 42 orang dan objek penelitian adalah Penerapan Model Pembelajaran Explicit Intruction dengan Strategi Pembelajaran The Power Of Two. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, tes diberikan kepada 42 siswa hasil belajar yang tuntas 21 siswa (50%), sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan yang cukup signifikan yaitu hasil belajar yang tuntas 37 siswa (88.09%) jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 38.09%. Yang berarti penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dengan strategi pembelajaran The Power Of Two dapat menigkatkan hasil belajar akuntansi dengan materi pokok menyusun laporan keuangan perusahaan jasa di kelas XI IS 3 SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Pembelajaran 2016/2017.Signifikan hasil belajar diuji dengan uji statistic atau uji-t, dimana bilangan thitung > ttabel yaitu 6.47 > 2.01, dengan dk = n-1 yaitu dk = 41 pada α = 0.05. dengan kata lain Ha = X > Y diterima dan H0 ditolak, maka peningkatan hasil belajar akuntansi siswa pada postest siklus I dengan postest siklus II adalah signifikan. Dapat disimpulakan bahwa penerapan model pembelajaran Pembelajaran Explicit Intruction dengan Strategi Pembelajaran The Power Of Two pada pokok bahasan menyusun laporan keuangan perusahaan jasa di kelas XI IS SMA Negeri 1 Laguboti Semester Genap Tahun Pembelajaran 2016/2017 dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 051 |
Keywords: | Model pembelajaran; Explicit instruction; Strategi the power of two; Hasil belajar akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 10:38 |
Last Modified: | 27 Jul 2017 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24845 |