Dwiyanna, Riska (2017) Pengembangan Modul Kimia Terintegrasi Nilai-Nilai Islami Pada Pokok Bahasan Hidrokarbon Untuk Siswa SMS/MA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4133131054 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
2 NIM 4133131054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
3 NIM 4133131054 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
4 NIM 4133131054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
5 NIM 4133131054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6 NIM 4133131054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7 NIM 4133131054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9 NIM 4133131054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8 NIM 4133131054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
10 NIM 4133131054 BAB I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
14 NIM 4133131054 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
15 NIM 4133131054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan modul kimia terintegrasi nilai-nilai islami
pada pokok bahasan hidrokarbon ini bertujuan untuk mengetahui: (1)
ada/tidaknya nilai-nilai islami pada buku ajar kimia SMA/MA pada pokok
bahasan hidrokarbon, (2) kelayakan modul kimia terintegrasi nilai-nilai islami
pada pokok bahasan hidrokarbon berdasarkan kriteria BSNP, (3) kelayakan
nilai-nilai islami yang diintegrasikan ke dalam modul kimia pada pokok bahasan
hidrokarbon, dan (4) respon guru dan mahasiswa terhadap modul kimia
terintegrasi nilai-nilai islami pada pokok bahasan hidrokarbon. Metode yang
digunakan adalah research and development (R and D), melalui 3 tahapan yakni
tahap analisis, tahap rancangan dan tahap pengembangan. Tahap analisis
dilakukan terhadap buku ajar kimia SMA/MA pokok bahasan hidrokarbon
dengan melihat ada/tidaknya nilai-nilai islami pada buku ajar, sebagai analisis
kebutuhan apakah diperlukan atau tidak pengembangan modul kimia terintegrasi
nilai-nilai islami pada pokok bahasan hidrokarbon. Selanjutnya dilakukan tahap
rancangan modul kimia terintegrasi nilai-nilai islami pada pokok bahasan
hidrokarbon, lalu dilakukan tahap pengembangan terhadap modul melalui
standarisasi modul yang dilakukan oleh validator yakni 3 orang dosen kimia
UNIMED dan 3 orang guru kimia menggunakan instrumen angket BSNP dan
angket kelayakan nilai-nilai islami. Uji kelayakan modul kimia berdasarkan
kriteria BSNP mendapat hasil valid, artinya sangat baik dan tidak perlu revisi,
dengan nilai rata-rata 3,607 (skala 4). Uji kelayakan nilai-nilai islami yang
diintegrasikan ke dalam modul mendapat hasil valid dengan nilai rata-rata 3,61.
Selanjutnya modul kimia hasil pengembangan dibagikan kepada 3 orang guru
kimia dan 20 orang mahasiswa kimia untuk dinilai tanggapan (respon) terhadap
modul kimia menggunakan angket yang telah disediakan, mendapat skor 3,656
yang berarti modul kimia mendapat tanggapan sangat baik. Dari hasil penilaian
diperoleh nilai yang valid yang berarti modul kimia terintegrasi nilai-nilai islami
pada pokok bahasan hidrokarbon telah memenuhi standar dan layak digunakan
sebagai bahan ajar pada materi hidrokarbon
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 023 |
Keywords: | modul kimia; integrasi nilai-nilai islami; BSNP; Hidrokarbon |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP171 Relation of Islam to other religions L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 09:39 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24843 |