PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGUKURAN LISTRIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2016/2017

Purba, Agus (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGUKURAN LISTRIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PERSETUJUAN,PENGESAHAN DAN BEBAS PLAGIAT.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN,PENGESAHAN DAN BEBAS PLAGIAT.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengukuran listrik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan ekspositori di kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 63 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 8,57 dan nilai rata-rata pada kelompok kotrol 7,3. Untuk menguji homogenitas data digunakan uji-F. Uji homogenitas data hasil belajar siswa pelajaran instalasi penerangan listrik diperoleh Fhitung sebesar 0,30 dan Ftabel sebesar 1,84 karena Fhitung (0,30) < Ftabel (1,84) maka kedua sampel (kelas eksperimen dan kelas control) berasal dari populasi yang sama atau homogen. Pengujian hipotesis dihitung menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung sebesar 5,1792 dan ttabel sebesar 1,6698 karena thitung (5,1792) > ttabel (1,6698) maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian hasil belajar pengukuran listrik yang diajar berdasarkan model pembelajaran Group Investigation (GI) lebih tinggi dari siswa yang diajar berdasarkan model ekspositori pada siswa SMK Negeri 1 Lubuk Pakam kelas X program ketenagalistrikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 ELK 026
Keywords: Model pembelajaran; Group investigation; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Jul 2017 09:28
Last Modified: 17 Apr 2018 08:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24841

Actions (login required)

View Item
View Item