Purba, Agus (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGUKURAN LISTRIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. LEMBAR PERSETUJUAN,PENGESAHAN DAN BEBAS PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengukuran listrik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan ekspositori di kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 63 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 8,57 dan nilai rata-rata pada kelompok kotrol 7,3. Untuk menguji homogenitas data digunakan uji-F. Uji homogenitas data hasil belajar siswa pelajaran instalasi penerangan listrik diperoleh Fhitung sebesar 0,30 dan Ftabel sebesar 1,84 karena Fhitung (0,30) < Ftabel (1,84) maka kedua sampel (kelas eksperimen dan kelas control) berasal dari populasi yang sama atau homogen. Pengujian hipotesis dihitung menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung sebesar 5,1792 dan ttabel sebesar 1,6698 karena thitung (5,1792) > ttabel (1,6698) maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian hasil belajar pengukuran listrik yang diajar berdasarkan model pembelajaran Group Investigation (GI) lebih tinggi dari siswa yang diajar berdasarkan model ekspositori pada siswa SMK Negeri 1 Lubuk Pakam kelas X program ketenagalistrikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELK 026 |
Keywords: | Model pembelajaran; Group investigation; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 09:28 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24841 |