HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN SIKAP TERHADAP PROFESI GURU DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA METHODIST MEDAN

Hutabarat, Jansen (2008) HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN SIKAP TERHADAP PROFESI GURU DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA METHODIST MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 045020325 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1. 045020325 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 2. 045020325 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. 045020325 Abstrak.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 3. 045020325 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. 045020325 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of 4. 045020325 Bab I.pdf]
Preview
Text
4. 045020325 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. 045020325 Bab V.pdf]
Preview
Text
5. 045020325 Bab V.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 6. 045020325 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6. 045020325 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan yang signifikan dan tinier antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru SMA Methodist Medan, dan .mengetahui Hubungan yang signifikan dan linier antara sikap guru terhadap profesi dengan kompetensi profesional guru SMA Methodist Medan, serta mengetahui hubungan yang signifikan dan linier antara kepemimpinan kepala sekolah dan sikap terhadap profesi guru dengan kompetensi profesional guru di SMA Methodist Medan secara bersama sama.Penelitian ini dilakukan pada guru guru SMA Methodist Medan Sumatera Utara tahun ajaran 2007/2008, populasi penelitian adalah seluruh guru SMA Methodist 4 berjumlah 15 orang, SMA Metodist 7 sebanyak 20 orang, SMA Methodist 1 sebanyak 52 orang dan SMA Methodist 8 sebanyak 28 orang, maka jumlah keseluruhan populasi 115 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Sampling Cluster Random Sampling berdasarkan sebanyak 44 orang secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menjaring data variable terikat dengan instrumen tes kompetensi professional guru, sedangkan untuk menjaring variable bebas yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan sikap terhadap profesi guru dijaring dengan menggunakan. Instrumen penelitian ini terlebih dahulu diujicobakan untuk menentukan validitas dan reliabilitasnya, Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan data dan statistik inferensial linier regresi untuk pengujian hipotesis, besamya hubungan setiap variable digunakan dengan uji-t.Temuan penelitian ini adalah: (1) terdapat Hubungan yang signifikan dan linier antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru SMA Metodist Medan, dengan korelasi ryt= 0,527 Taraf signifikansi diukur dengan uji-t (a -- 0,05) t0 = 4,57 > ttabet = 1,67, (2) Hubungan yang signifikan dan linier antara sikap guru terhadap profesi dengan kompetensi profesional guru SMA Methodist Medan dengan korelasi ry2 = 0,44. Taraf signifikansi diuji dengan uji-t (a = 0,05) t04,15 > ttabei 1,62, (3) hubungan yang signifikan dan linier antara kepemimpinan kepala sekolah dan sikap terhadap profesi guru dengan kompetensi profesional guru di SMA Metodist Medan, dengan korelasi R = 0,57. R.y12 = 0,94. Keberartian korelasi ganda diuji dengan uji F. Untuk taraf signifikansi (a = 0,05) F„ 3,69 > Ft,ba 3,17.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Sikap; Profesi Guru; Kompetensi Profesional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 20 Dec 2018 03:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2482

Actions (login required)

View Item
View Item