PENGARUH METODE KELOMPOK DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR PAMERAN PROGRAM STUDI TATA BOGA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Handayani, Nila (2012) PENGARUH METODE KELOMPOK DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR PAMERAN PROGRAM STUDI TATA BOGA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 065020414 -Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1. 065020414 -Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 2. 065020414 - Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. 065020414 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 3. 065020414 -Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. 065020414 -Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of 4. 065020414 -Bab I.pdf]
Preview
Text
4. 065020414 -Bab I.pdf - Published Version

Download (849kB) | Preview
[thumbnail of 5. 065020414 - Bab V.pdf]
Preview
Text
5. 065020414 - Bab V.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[thumbnail of 6. 065020414 - Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6. 065020414 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui (1) Pengaruh metode kerja kelompok (kerja kelompok dosen dan mahasiswa) terhadap hasil belajar Pameran, (2) Pengaruh tingkat kreativitas (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar Pameran dan (3) interaksi antara metode kerja kelompok dengan kreativitas terhadap hasil belajar Pameran di Program studi Tata Boga Jurusan PKK Unimed.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VI (enam) yang sedang aktif kuliah mata kuliah Pameran di Program Studi Tata Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan, berjumlah 60 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan disain faktorial 2x2, teknik analisa data yang digunakan adalah analisis varian dua jalur (ANAVA). Kreativitas mahasiswa diukur dengan menggunakan Tes Figural dan Verbal. Sedangkan tes hasil belajar pameran menggunakan tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 35 butir dan memiliki reliabilitas 0,81 menggunakan rumus KR-20.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan metode kerja kelompok dosen lebih tinggi dibandingkan dengan metode kerja kelompok mahasiswa, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung (4294,36) > Ftabel (4,00). Hasil belajar mahasiswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki kreativitas rendah, hasil ini ditunjukkan oleh Fhaung (4193,35) > Ftabei (4,00) dan terdapat interaksi antara metode kerja kelompok (dosen dan mahasiswa) dengan kreativitas (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar Pameran, hasil ini ditunjukkan oleh Fhitung (12,93) > Ftabel (4,00).Temuan lain menunjukkan bahwa metode kerja kelompok dosen bersesuaian untuk segala tingkatan kreativitas mahasiswa baik tinggi maupun rendah, sedangkan metode kerja kelompok mahasiswa sangat membantu mahasiswa dengan kreativitas tinggi, namun kurang membantu mahasiswa dengan kreativitas rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 378.17 Nil p
Keywords: Metode Kelompok; Kreativitas; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 09 Jun 2016 07:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2480

Actions (login required)

View Item
View Item