Simanjuntak, Eva Betty and Husaini, Lili (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI MEDAN. Jurnal School Education, 07 (01). pp. 8-17. ISSN 2355-1720
Fulltext.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Reviewer.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa pada materi Menulis Teks Deskripsi melalui model Example Non Example di kelas V SD Negeri 101797 Delitua. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelas V SD yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 15 perempuan dan 15 laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes kemampuan menulis siswa, dan observasi guru dan siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus. Pada hasil post tes siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 62.63 dengan rentan peningkatan sebanyak 12.29%. Pada hasil post tes siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 70.27 dengan rentan peningkatan mencapai 7.64% sedangkan observasi peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 75.45% dan pada siklus II sebesar 81.81% artinya terjadi peningkatan sebesar 6.36% dari siklus I hingga siklus II.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Menulis; Teks deskripsi; Example non example; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Jun 2017 08:24 |
Last Modified: | 24 Jul 2017 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24791 |