Fajarya, Nurul (2017) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN DALAM KARANGAN NARASI SISWA KELAS X SMA SWASTA TAMAN SISWA BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2132111022 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM 2132111022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
3. NIM 2132111022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 2132111022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM 2132111022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
6. NIM 2132111022 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 2132111022 PICTURE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 2132111022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 2132111022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
13. NIM 2132111022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14. NIM 2132111022 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengklasifikasikan bentuk kesalahan penggunaan ejaan yang terdapat dalam karangan narasi siswa kelas X SMA Swasta Taman Siswa Binjai tahun pembelajaran 2016/2017, mendeskripsikan kesalahan ejaan yang paling dominan dilakukan siswa dalam karangan narasi yang diproduksi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari karangan narasi siswa kelas X SMA Swasta Taman Siswa Binjai. Instrumen penelitian berupa human instrument yaitu peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data berupa teknik analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis jalinan atau mengalir yang meliputi lima komponen yaitu pengumpulan data, pengidentifikasian dan pengklasifikasian kesalahan, peringkat kesalahan, penjelasan kesalahan, pengoreksian kesalahan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap meliputi tahap prapenelitian, pelaksanaan penelitian, dan penyusunan laporan penelitian. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, Jumlah kesalahan penggunaan ejaan yang terdapat dalam karangan siswa mencapai 945 (17,67%) kesalahan dari 5.349 ejaan yang seharusnya diproduksi. Bentuk kesalahan ejaan dibedakan menjadi enam aspek, yaitu kesalahan pada tataran penggunaan huruf kapital, penggunaan kata berimbuhan, penggunaan kata depan, penggunaan unsur serapan, penggunaan tanda baca titik, dan penggunaan tanda baca koma. Dari keenam aspek tersebut ditemukan 570 (48,76%) kesalahan penggunaan huruf kapital, 101 (6,33%) kesalahan penggunaan kata berimbuhan, 83 (31,20%) kesalahan penggunaan kata depan, 63 (6,16%) kesalahan penggunaan unsur serapan, 27 (3,57%) kesalahan penggunaan tanda baca titik, dan 101 (18,70%) kesalahan penggunaan tanda baca koma. Kedua, Dari persentasi kesalahan tersebut, kesalahan pada tataran penggunaan huruf kapital merupakan kesalahan yang paling dominan dilakukan oleh siswa, yaitu mencapai 570 (48,76%) kesalahan dari 1.169 huruf kapital yang seharusnya diproduksi. Selanjutnya, kesalahan yang paling sedikit terjadi adalah kesalahan penggunaan tanda baca titik yang mencapai 27 (3,57%) kesalahan dari 756 tanda baca titik yang seharusnya diproduksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 055 |
Keywords: | Ejaan; Narasi; Analisis kesalahan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Jun 2017 04:25 |
Last Modified: | 19 Jun 2017 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24789 |