Tambunan, Reinaldo (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMMNUCATIVE LANGUAGE TEACHING (PEMBELAJARAN BAHASA KOMUNIKATIF) TERHADAP KEMAMPUAN PEMBACAAN CERPEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 41 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 2123111062 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2 NIM 2123111062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (903kB) | Preview
3 NIM 2123111062 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4 NIM 2123111062 PREFACE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5 NIM 2123111062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6 NIM 2123111062 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7 NIM 2123111062 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8 NIM 2123111062 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
12 NIM 2123111062 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
13 NIM 2123111062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran bahasa komunikatif (communicative language teaching) terhadap kemampuan pembacaan cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 41 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP 41 Medan sebanyak 300 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak kelas, sehingga diperoleh sampel penelitian adalah kelas VII-2 sebanyak 36 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre-test dan post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pembacaan cerpen. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 63,61, standar deviasi 10,6, dan standar error 1,80 sedangkan nilai rata-rata post test adalah 78,33, standar deviasi 10, dan standar error 1,69. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata memahami teks pembacaan cerpen setelah menggunakan model pembelajaran communicative language teaching (pembelajaran bahasa komunikatif) lebih tinggi daripada nilai sebelum menggunakan model communicative language teaching (pembelajaran bahasa komunikatif). Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dikonsultasikan t0 dengan tabel t taraf signifikan 5% dengan df = N-1 = 36 – 1 = 35 diperoleh taraf signifikan 5% = 1,69. Karena t0 diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 59,8 > 1,69, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa data pre-test dan post-test berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa Model Pembelajaran communicative language teaching (pembelajaran bahasa komunikatif) berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan memahami communicative language teaching (pembelajaran bahasa komunikatif) oleh siswa kelas VII SMP Negeri 41 Medan tahun pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 047 |
Keywords: | Model pembelajaran; Pembacaan cerpen; Bahasa komunikatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Jun 2017 04:09 |
Last Modified: | 19 Jun 2017 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24785 |