Natalia, Eltita (2017) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN SINTAKSIS PADA PENULISAN TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 2133111020 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
2 NIM 2133111020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3 NIM 2133111020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4 NIM 2133111020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5 NIM 2133111020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6 NIM 2133111020 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7 NIM 2133111020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8 NIM 2133111020 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
12 NIM 2133111020 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
13 NIM 2133111020 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa sintaksis yang meliputi : (1) kesalahan penggunaan sintaksis berupa frasa pada teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan, (2) kesalahan penggunaan sintaksis berupa kalimat pada teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan. Subjek penelitian ini adalah teks eksposisi siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 7 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Objek penelitian ini adalah kalimat yang mengandung unsur kesalahan sintaksis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan suatu keadaan alamiah mengenai kesalahan penggunaan sintaksis pada teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan. Untuk menemukan dan mengklasifikasikan kalimat yang mengandung unsur kesalahan sintaksis digunakan teknik membaca dan mencatat. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument). Hasil penelitian kesalahan berbahasa sintaksis pada teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan ada dua. Pertama, kesalahan penggunaan sintaksis berupa frasa sebesar 32,98% meliputi enam kesalahan, yaitu : penggunaan preposisi yang tidak tepat, susunan kata yang tidak tepat, penggunaan unsur yang berlebihan atau mubazir, penggunaan bentuk superlatif yang berlebihan, penjamakan yang ganda, dan penggunaan bentuk resiprokal yang tidak tepat. Kedua, kesalahan penggunaan sintaksis berupa kalimat sebesar 67,02% meliputi tujuh kesalahan, yaitu : kalimat yang tidak berpredikat, kalimat yang tidak bersubjek dan tidak berperedikat (kalimat buntung), kalimat yang tidak logis, penggunaan kata tanya yang tidak perlu, urutan yang tidak paralel, penghilangan konjungsi, dan penggunaan konjungsi yang berlebihan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 054 |
Keywords: | Kesalahan sintaksis; Teks eksposisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Jun 2017 04:41 |
Last Modified: | 15 Jun 2017 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24775 |