Banjarnahor, nestimala (2017) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DI KELAS III-A SD NEGERI 064025 TANJUNG SELAMAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131111021 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM. 1131111021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 1131111021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. NIM. 1131111021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
5. NIM. 1131111021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
6. NIM. 1131111021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM. 1131111021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
8. NIM. 1131111021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM. 1131111021 BAB I.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. NIM. 1131111021 BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
14. NIM. 1131111021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada mata
pelajaran IPA dalam materi cuaca dan pengaruhnya bagi manusia di kelas III-A. Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar IPA dengan menggunakan metode
pembelajaran Learning Start With A Question di kelas III-A SD Negeri 064025 Tanjung
Selamat.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus
yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah
subjek penelitian sebanyak 28 orang siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa
perempuan yang berasal dari kelas III-A pada tahun ajaran 2016/2017. Adapun teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui lembar observasi minat belajar siswa
dan lembar observasi mengajar guru.
Berdasarkan analisis data observasi siklus I pertemuan I dengan menggunakan metode
pembelajaran Learning Start With A Question dari 28 orang siswa terdapat 5 orang siswa
yang minat belajarnya dalam kategori tinggi dengan persentase 17,85%, 1 orang siswa dalam
kategori sedang dengan persentase 3,57 %, 15 orang siswa dalam kategori rendah dengan
persentase 53,57%, dan 7 orang siswa dalam kategori sangat rendah dengan persentase
25,00% dan nilai rata-rata siswa secara klasikal sebesar 56,99. Pada siklus I pertemuan II
mengalami peningkatan, terdapat 3 orang siswa dalam kategori sangat tinggi dengan
persentase 10,71%, 8 orang siswa dalam kategori tinggi dengan persentase 33,33%, 3 orang
siswa dalam kategori sedang dengan persentase 10,71%, 10 orang siswa dalam kategori
rendah dengan persentase 41,66%, dan 4 orang siswa dalam kategori sangat rendah dengan
persentase 16,66 % dan nilai rata-rata secara klasikal sebesar 66,51. Dari perolehan siklus I
bahwa minat belajar belum sesuai dengan yang diharapkan, sehingga perlu perbaikan dan
pengembangan pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II pertemuan I minat belajar siswa
mengalami peningkatan yang semakin baik, terdapat 11 orang siswa dalam kategori sangat
tinggi dengan persentase 39,28 %, 9 orang siswa dalam kategori tinggi dengan persentase
32,14 %, 2 orang siswa dalam kategori sedang dengan persentase 7,14 %, dan 6 orang siswa
dalam kategori rendah dengan persentase 21,42 % dan nilai rata-rata siswa secara klasikal
sebesar 81,09. Pada siklus II minat belajar siswa secara signifikan mengalami peningkatan
dari yang sebelumnya, terdapat 13 orang siswa dalam kategori sangat tinggi dengan
persentase 46,42%, 12 orang siswa dalam kategori tinggi dengan persentase 42,85 %, 2 orang
siswa dalam kategori sedang dengan persentase 7,14%, dan 1 orang siswa dalam kategori
rendah dengan persentase 3,57% dan nilai rata-rata secara klasikal sebesar 84,37. Sedangkan
pada observasi kegiatan guru yang telah dilaksanakan pada siklus I nilai yang diperoleh
adalah 70,83 (Baik) dan pada observasi kegiatan guru yang telah dilaksanakan pada siklus II
nilai yang diperoleh adalah 91,66 (Sangat baik).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan
metode pembelajaran learning start with a question dapat meningkatkan minat pembelajaran
siswa pada materi gerak benda di kelas III-A SD Negeri 064025 Tanjung Selamat T.A
2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 168 |
Keywords: | Metode Belajar, IPA, LSQ |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jun 2017 03:40 |
Last Modified: | 15 Jun 2017 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24768 |