PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN RET TEKNIK BIBLIOTHERAPY TERHADAP KEBIASAAN MENYONTEK MAHASISWA BK REGULER A 2016 di JURUSAN PPB FIP UNIMED TAHUN AJARAN 2016/2017

indriyanti, Ira (2017) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN RET TEKNIK BIBLIOTHERAPY TERHADAP KEBIASAAN MENYONTEK MAHASISWA BK REGULER A 2016 di JURUSAN PPB FIP UNIMED TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1133351029 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1133351029 COVER.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1133351029 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1133351029 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.1133351029 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM.1133351029 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1133351029 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1133351029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1133351029 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1133351029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1133351029 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1133351029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1133351029 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1133351029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1133351029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1133351029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1133351029 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1133351029 BAB I.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1133351029 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1133351029 BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1133351029 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1133351029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh
pemberian layanan konseling kelompok pendekatan RET teknik Bibliotherapy
terhadap kebiasaan menyontek Mahasiswa BK Reguler A 2016 di Jurusan PPB
FIP UNIMED T.A 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan RET teknik Bibliotherapy
terhadap kebiasaan menyontek Mahasiswa BK Reguler A 2016 di Jurusan PPB
FIP UNIMED T.A 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan One Group
pre-test post-test Design. Subjek penelitian ini adalah 7 mahasiswa reguler a 2016
di jurusan PPB FIP UNIMED yang ditentukan dari hasil screening (penyaringan)
dengan langkah-langkah sebagai berikut : (1) memberikan angket sebelum
diberikan layanan kelompok pendekatan ret teknik bibliotherapy , (2) melihat
hasil mahasiswa yang memiliki kebiasaan menyontek tinggi dari hasil angket (3)
jika sampel lebih dari 10 orang, maka dilakukan random sampling. Namun jumlah
sampel terdiri dari 7 orang sehingga digunakan purpose sampling (penarikan
sampel secara sengaja). Instrument yang digunakan adalah angket kebiasaan
menyontek untuk menjaring data tentang kebiasaan menyontek yang dimiliki oleh
mahasis yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reabilitas
angket. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pemberian layanan kelompok
pendekatan ret teknik bibliotherapy. Teknik analisis data menggunakan uji tanda
wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian layanan
kelompok pendekatan ret teknik bibliotherapy terhadap kebiasaan menyontek
mahasiswa diperoleh nilai rata-rata pre-test (M) = 112,2 dan standar deviasi (SD)
= 32 sedangkan post-test rata-rata (M) = 169,7 dan standar deviasi (SD) = 14,2,
dengan demikian pemberian layanan kelompok pendekatan ret teknik
bibliotherapy dapat meminimalisir kebiasaan menyontek mahasiswa. Hai ini
dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jumlah
jenjang wilcoxon diperoleh hasil perhitungan jumlah jenjang bertanda positif = 28
dan jumlah jenjang bertanda negatif = 0. Jadi, nilai J= 0 yaitu jumlah jenjang yang
lebih kecil. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n=
7, α = 0,05 penguji dua arah J0,05 = 2. Oleh karena J0,05 (2) > J (0) maka H0 ditolak.
Ini berarti bahwa kebiasaan menyontek mahasiswa antara sebelum dan sesudah
pemberian layanan kelompok pendekatan ret teknik bibliotherapy tidaklah sama,
dalam hal ini mahasiswa yang telah mendapatkan layanan kelompok pendekatan
ret teknik bibliotherapy mempunyai kebiasaan menyontek lebih rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BK 008
Keywords: Kebiasaan Menyontek, Konseling kelompok, Pendekatan RET Teknik Bibliotherapy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Jun 2017 02:01
Last Modified: 15 Jun 2017 02:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24761

Actions (login required)

View Item
View Item