Syahputri, Amelia (2017) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) TERBUKA SEBAGAI SOLUSI ALTERNATIF PENDIDIKAN BAGI MASYARAKAT DI KOTA BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3131122003 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 3131122003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3. NIM 3131122003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM 3131122003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. NIM 3131122003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM 3131122003 TABLES.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. NIM 3131122003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 3131122003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 3131122003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
13. NIM 3131122003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
14. NIM 3131122003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Terbuka merupakan salah satu Sekolah Publik yang didirikan Pemerintah sebagai salah satu pendidikan alternatif bagi masyarakat menengah ke bawah atau dapat dikatakan sebagai masyarakat miskin yang mengalami berbagai kendala seperti keterbatasan biaya (miskin), waktu karena harus sekolah sambil bekerja paruh waktu, terisolir dari pusat pendidikan untuk mendapatkan pendidikan di sekolah, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan karakteristik dan latar belakang siswa Sekolah Menengah Pertama Terbuka Binjai Utara Kota Binjai, untuk mengetahui dan mendeskripsikan penyelenggaraan dan proses belajar di Sekolah Menengah Pertama Terbuka Binjai Utara Kota Binjai, untuk mendeskripsikan pandangan masyarakat mengenai penyelenggaraan Sekolah Menengah Pertama Terbuka Binjai Utara Kota Binjai khususnya mengenai kendala˗kendala siswa, seperti lokasi, jarak tempuh, fasilitas dan prasarana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian terdiri dari informan utama yaitu siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Terbuka Binjai Utara Kota Binjai, serta informan tambahan adalah, Wakil Kepala Sekolah, Guru-guru Bina, Guru pamong serta masyarakat Kota Binjai. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Terbuka Binjai Utara Kota Binjai. Adapun teori yang digunakan dalam menganalisa penelitian ini adalah teori sosialisasi dan pendekatan pendidikan alternatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa masyarakat miskin merasa sangat terbantu dengan berbagai kemudahan seperti pembebasan biaya sekolah serta beasiswa yang didapatkan setiap siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Terbuka Binjai Utara Kota Binjai dari pemerintah, masyarakat mengaku bahwa Sekolah Menengah Pertama Terbuka Binjai Utara Kota Binjai merupakan salah satu sekolah publik pilihan yang didirikan oleh pemerintah untuk meningkatkan kecerdasan anak bangsa dan sebagai wujud nyata pemerintah dalam mewujudkan peraturan wajib belajar selama 9 tahun bagi masyarakat untuk mendapatkan pendidikan sebagai solusi alternatif pendidikan bagi masyarakat yang mengalami berbagai kendala untuk mendapatkan sebuah pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ANTRO 048 |
Keywords: | Sekolah menengah pertama terbuka; Pendidikan alternatif; Sekolah publik pilihan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Jun 2017 08:07 |
Last Modified: | 14 Jun 2017 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24745 |