Sitompul, Zulpadly (2016) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR SISWA KELAS X SMK-TI BUDI AGUNG PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN T. A. 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126121044 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 8126121044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
3. NIM. 8126121044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 8126121044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM. 8126121044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM. 8126121044 TABLES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. NIM. 8126121044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8126121044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 8126121044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
13. NIM. 8126121044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
14. NIM. 8126121044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui apakah hasil belajar Menggunakan Alat-Alat Ukur siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) untuk mengetahui apakah siswa yang memiliki kemampuan berfikir kreatif tinggi akan memperoleh hasil belajar Menggunakan Alat-Alat Ukur lebih tinggi dari siswa yang memiliki kemampuan berfikir kreatif rendah, (3) untuk mengetahui apakah ada interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dengan kemampuan berfikir kreatif dalam mempengaruhi hasil belajar Menggunakan Alat-Alat Ukur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X (sepuluh) yang sedang mengikuti mata pelajaran Menggunakan Alat-Alat Ukur di SMK-TI Swasta Budi Agung Medan berjumlah 220 orang. Metode penelitian yang digunakan dengan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varian dua jalur (ANAVA). Kemampuan berfikir kreatif siswa diukur dengan menggunakan skala Likert. Sedangkan tes hasil belajar Menggunakan Alat-Alat Ukur menggunakan tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 60 soal. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar Menggunakan Alat-Alat Ukur siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, dengan Fhitung = 5,97 > Ftabel = 3,99; (2) hasil belajar Menggunakan Alat-Alat Ukur siswa yang memiliki kemampuan berfikir kreatif tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki kemampuan berfikir kreatif rendah, dengan Fhitung = 30,13 > Ftabel = 3,99; (3) terdapat interaksi anatara penggunaan strategi pembelajaran (berorientasi aktivitas siswa dan ekspositori) dengan kemampuan berfikir kreatif (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar Menggunakan Alat-Alat Ukur, dengan Fhitung = 6,80 > Ftabel = 3,99. Hipotesis ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa lebih tepat dari pada strategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar Menggunakan Alat-Alat Ukur siswa, dan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi memperoleh hasil belajar Menggunakan Alat-Alat Ukur yang lebih baik dari pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sit p |
Keywords: | Hasil belajar; Alat ukur belajar; Strategi pembelajaran; Berfikir kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Jun 2017 03:58 |
Last Modified: | 13 Jun 2017 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24730 |