Astuti, Tri Febry (2015) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA SWASTA SEKECAMATAN MEDAN KOTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
01_3103131074_ Cover.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
02_3103131074_ PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (624kB) | Preview
03_3103131074_ KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
04_3103131074_ ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
05_3103131074_ DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
06_3103131074_ DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
07_3103131074_ DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
08_3103131074_ DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
09_3103131074_ BAB I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
14_3103131074_ BAB VI.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
15_3103131074_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran geografi di SMA Swasta Se-Kecamatan Medan Kota tahun ajaran 2014/2015.Populasi penelitian ini adalah seluruh guru-guru Geografi di SMA Swasta di Kecamatan Medan Kota sekolah yang dijadikan penelitian sampel guru Geografi di SMA Swasta ERIA, SMA Swata UISU, SMA Swasta YAPIM, SMA Swasta YPK dan SMA Swasta KESATRIA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi dan tekhnik analisis data yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : implementasi kurikulum 2013 dilihat dari aspek penilaian perencanaan pembelajaran (RPP) rata-rata nilai yang dimiliki guru adalah 82.1% hal ini berarti bahwa implementasi kurikulum 2013 dari aspek perencanaan tergolong baik, sedangkan dilihat dari proses pembelajaran rata-rata nilai yang diperoleh guru 81.3% hal ini berarti bahwa implementasi kurikulum 2013 dari aspek proses pembelajaran tergolong baik. Dengan demikian implementasi kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Geografi sekecamatan Medan Kota tahun ajaran 2014/2015 yang diperoleh dari hasil nilai akhir pada penilaian APKG I dan IPPP masuk dalam kategori baik. Nilai paling banyak diperoleh responden dari rentang 80%-89%, sedangkan penilaian dari wakil kepala sekolah bagian kurikulum dari seluruh responden masuk ke dalam kategori baik hingga sangat baik yaitu rentang 80%-89% hingga 90%-100%. dilihat dari aspek penilaian yang di analisis deskriptif melalui instrumen wawancara maka hasilnya para guru masih kesulitan dan memerlukan pelatihan ualang kembali, namun mereka sepakat bahwa kurikulum 2013 memberikan perubahan konsep pembelajaran dari berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah yang menjadi tempat penelitian di kategorikan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 GEO 076 |
Keywords: | Kurikulum; Guru; Sekolah |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Jun 2017 04:23 |
Last Modified: | 12 Jun 2017 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24711 |