HUBUNGAN ANTARA MOTIF BERPRESTASI, PENGETAHUAN MANAJEMEN KELAS DAN INTENSITAS MENGIKUTI PELATIHAN DENGAN KINERJA GURU MATEMATIKA SMP NEGERI KOTA MEDAN

Manurung, Maulana (2008) HUBUNGAN ANTARA MOTIF BERPRESTASI, PENGETAHUAN MANAJEMEN KELAS DAN INTENSITAS MENGIKUTI PELATIHAN DENGAN KINERJA GURU MATEMATIKA SMP NEGERI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 045030463 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1. 045030463 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of 2. 045030463 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. 045030463 Abstrak.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 3. 045030463 Bab I.pdf]
Preview
Text
3. 045030463 Bab I.pdf - Published Version

Download (813kB) | Preview
[thumbnail of 4. 045030463 Bab V.pdf]
Preview
Text
4. 045030463 Bab V.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of 5. 045030463 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
5. 045030463 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview

Abstract

Masalah utama penelitian ini difokuskan pada seberapa besar hubungan motif berprestasi, pengetahuan manajemen kelas dan intensitas mengikuti pelatihan dengan kinerja guru matematika SMP Negeri Kota Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motif berprestasi, pengetahuan manajemen kelas dan intensitas mengikuti pelatihan dengan kinerja guru matematika SMP Negeri Kota Medan. Hipotesis yang diajukan adalah: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara motif berprestasi dengan kinerja guru rnatematika SMP Negeri Kota Medan, (2)Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan manajemen kelas dengan kinerja guru matematika SMP Negeri Kota Medan, (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas mengikuti pelatihan dengan kinerja guru matematika SMP Negeri Kota Medan, dan (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara motif berprestasi, pengetahuan manajemen kelas dan intensitas mengikuti pelatihan secara bersama-sarna dengan kinerja guru matematika SMP Negeri Kota Medan. Populasi penelitian ini adalah guru SMP Negeri Kota Medan yang berada di masing-masing unit kerja dengan jumlah 285 orang. Untuk menentukan sampel digunakan teknik Stratified Random Sampling, dan berdasarkan perhitungan dan teknik tersebut diperoleh jumlah sampel sebanyak 40 orang.lnstrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah kuesioner skala Likert dan Tes dan data diolah dengan teknik analisis Alpha Cronbach. Hasil uji coba dan perhitungan masing-masing variabel sebagai berikut, (1) variabel motifberpresatasi rα = 0,855, (2) variabel pengetahuan manajemen kelas rα = 0,774, (3) variabel intensitas mengikuti pelatihan. rα = 0,851, dan (4) variabel kinerja guru ra = 0,855, Teknik analisis yang digunakan ialah teknik analisis korelasi dan regresi dan seluruh pengujian rnenggunakan taraf kepercayaan 95 % pada α = 0,05. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motif berprestasi dengan kinerja guru matematika SMP Negeri Kota Medan dengan koefisien korelasi mencapai 0,460, dan terdapat hubungan yang signifikan antara antara pengetahuan manajemen kelas dengan kinerja guru matematika SMP Negeri Kota Medan dengan koefisien korelasinya sebesar 0,435, dan terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas mengikuti pelatihan dengan kinerja guru matematika SMP Negeri Kota Medan dengan koefisien korelasi mencapai 0,468, serta terdapat hubungan yang signifikan antara motif berprestasi, pengetahuan rnanajemen kelas dan intensitas mengikuti pelatihan secara bersama-sama dengan kinerja guru maternatika SMP Negeri Kota Medan dengan koefisien sebesar 0,773 sertamembentuk persamaan regresi ganda Y = 63,746 + 0,270 Xi+ 0,542 X2+ 0,356 Xi.Besar sumbangan efektif motif berprestasi, pengetahuan manajemen kelas dan intensitas mengikuti pelatihan masing-masing adalah sebesar 16, 77 %, 14,23 % dan 28,80 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 370.711 Man h
Keywords: Kinerja guru matematika; Motif berprestasi; Pengetahuan manajemen kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 08 Jun 2016 07:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2471

Actions (login required)

View Item
View Item