Husna, Hidayatul (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN di RA NURUL AMIN ARAS KABU KEC. BERINGIN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 1113113013 Hidayatul Husna - COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
NIM. 1113113013 Hidayatul Husna - LEMBAR PERSETUJUAN - PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
NIM. 1113113013 Hidayatul Husna - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
NIM. 1113113013 Hidayatul Husna - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
NIM. 1113113013 Hidayatul Husna - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM. 1113113013 Hidayatul Husna - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
NIM. 1113113013 Hidayatul Husna - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM. 1113113013 Hidayatul Husna - DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM. 1113113013 Hidayatul Husna - BAB I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
NIM. 1113113013 Hidayatul Husna - BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
NIM. 1113113013 Hidayatul Husna - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini ialah kemampuan kognitif anak belum
berkembang cukup baik dan metode pembelajaran yang digunakan kurang
bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
metode demonstrasi terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA
NURUL AMIN Aras Kabu, Kec. Beringin T.A 2014/2015.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh anak di kelas B RA NURUL AMIN Aras Kabu,
Kec. Beringin yang berjumlah 40 anak. Kelas eksperimen yaitu kelas B-Al
Falaq dengan jumlah 20 anak, dan kelas kontrol adalah kelas B-Al Kausar dengan
jumlah 20 anak. Penelitian ini dilaksanakan dengan desain only posttest.
Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan teknik observasi. Dan untuk
menganalisis data dilakukan dengan cara uji normalitas, uji homogenitas, dan uji
hipotesis. Dari hasil data yang diperoleh pada kelas eksperimen, 15 % atau 3
orang memperoleh nilai rata-rata 2, 20% atau 4 orang memperoleh nilai rata-rata
2,3 , 20% atau 4 orang memperoleh nilai rata-rata 2,6 dan 45 % atau 9 orang
memperoleh nilai rata-rata 3. Nilai rata-rata kelas 2,63 dan tergolong dalam
kategori Baik Sekali. Sedangkan hasil data yang diperoleh pada kelas kontrol,
15 % atau 3 orang memperoleh nilai rata-rata 1,3 , 20% atau 4 orang memperoleh
nilai rata-rata 1,6 , 40% atau 8 orang memperoleh nilai rata-rata 2 dan 25 % atau 5
orang memperoleh nilai rata-rata 2,3. Nilai rata-rata kelas kontrol 1,89 dan
tergolong dalam kategori Baik.
Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan
yaitu uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Dimana dalam uji normalitas
dikelas eksperimen Diperoleh Lhitung < Ltabel; atau 0,178 < 0,190 maka data
kemampuan kognitif anak untuk kelompok eksperimen berdistribusi normal. Dan
dikelas kontrol Diperoleh Lhitung < Ltabel; atau 0,155 < 0,190 maka data
kemampuan kognitif anak untuk kelompok kontrol berdistribusi normal.
Selanjutnya dalam uji homogenitas Diperoleh nilai Fhitung 1,25 dibandingkan
dengan nilai Ftabel (α=0,05 dan dk pembilang 19 dan penyebut 19) diperoleh 2,29;
sehingga Fhitung < Ftabel; atau1,52< 2,296, kesimpulan varians data kemampuan
kognitif anak kedua kelompok hasil penelitian berasal dari populasi yang
homogeny. Kemudian dalam uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel (6,47 > 1,705),
dengan demikian hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan:
“Ada pengaruh yang signifikan pada metode demonstrasi terhadap kemampuan
kognitif anak usia 5-6 tahun di RA NURUL AMIN Aras Kabu Kec. Beringin
T.A 2014/2015.”.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode
demonstrasi dapat mempengaruhi kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun RA
NURUL AMIN Aras Kabu, Kec. Beringin T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PAUD 010 |
Keywords: | kemampuan kognitif, Demonstrasi, PAUD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1140 Preschool education. Nursery schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Jun 2017 03:32 |
Last Modified: | 08 Jun 2017 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24685 |