Rasid, Abdul (2015) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN MENGGUNAKAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PENYABUNGAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 609312003 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 609312003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
3. NIM. 609312003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4. NIM. 609312003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
5. NIM. 609312003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
6. NIM. 609312003 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
7. NIM. 609312003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
8. NIM. 609312003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
9. NIM. 609312003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
13. NIM. 609312003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 609312003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi seberapa besar peningkatan hasil belajar Menggiring bola yang didapat siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Penyabungan Tahun Ajaran 2014/2015 melalui variasi pembelajaran.
Subjek Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 penyabungan Tahun Ajaran 2014/2015, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 yang berjumlah 30 orang, putra 14 orang dan putri 16 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dan dilanjutkan dengan pembelajaran melalui variasi pembelajaran.
Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Penyabungan terdapat 12 siswa (40%) yang tuntas sedang kan 18 siswa (60%) belum tuntas. Hasil dari siklus I terdapat 20 siswa (67%) dari 30 siswa, yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 74.4. Di siklus II terdapat 27 siswa (90%) dari 30 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 78.15 dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tes awal sampai dilakukannya siklus I dan siklus II terjadi peningkatan, dapat dikatakan melalui variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PJKR 024 |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Hasil belajar; Sepakbola; Menggiring bola; Variasi pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 08:35 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24676 |