Setiadi, Adrian (2015) PENGEMBANGAN VARIASI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PUKULAN PUSH FOREHAND TENIS MEJA PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA TUNAS HARAPAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER_NIM. 608112100.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. LEMBAR PERSETUJUAN_NIM. 608112100.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
4. ABSTRAK_NIM. 608112100.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. KATA PENGANTAR_NIM. 608112100.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. DAFTAR ISI_NIM. 608112100.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR_NIM. 608112100.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. DAFTAR TABEL_NIM. 608112100.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN_NIM. 608112100.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
10. BAB I_NIM. 608112100.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
14. BAB V_NIM. 608112100.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA_NIM. 608112100.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada materi push forehand pada siswa kelas VIII-B Semester II tahun ajaran 2014/2015 SMP Swasta Tunas Harapan Kec. Ujung Padang Kab. Simalungun terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar variasi pembelajaran tenis meja terhadap pelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Swasta Tunas Harapan Kec. Ujung Padang Kab. Simalungun Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar pukulan push forehand tenis meja. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil penelitian bahwa hasil belajar push forehand tenis meja melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas VIII-B SMP Swasta Tunas Harapan : 1) pada siklus I dari 32 siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 17 orang siswa (53,12%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan 15 orang siswa (46,88%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 62,47. 2) pada siklus II ternyata 28 orang siswa (87,5%) sudah memiliki ketuntasan belajar sedangkan selebihnya yaitu 4 orang siswa (12,5%) belum memilliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh mencapai 75,50. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa push forehand pada permainan tenis meja melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas VIII-B SMP SwastaTunas Harapan terhadap pelajaran pendidikan jasmani dapat meningkatkan hasil belajar pukulan push forehand pada permainan tenis meja, maka disarankan agar guru pendidikan jasmani lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PJKR 017 |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Hasil belajar; Tenis meja; Variasi pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 08:02 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24668 |