Luthfi, Ahmad (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 HINAI KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6103111002 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6103111002 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
6103111002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
6103111002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6103111002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
6103111002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
6103111002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6103111002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
6103111002 BAB I.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
6103111002 BAB V.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
6103111002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Hinai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran melalui pendekatan saintifik dengan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik passing bawah bola voli sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis: (1) Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan penerapan gaya mengajar dengan modifiksi alat (Pre test) diperoleh 12 orang siswa (34.28%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 23 orang siswa (65,72%) belum mencapai ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran melalui pendekatan saintifik. (2) Dari tes hasil belajar menggunakan penerapan gaya mengajar, di siklus I diperoleh 25 orang siswa (71.43%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 10 orang siswa (28.57%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 74.28. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran melalui pendekatan saintifik. (3) Dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 31 orang siswa (88.57%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang siswa (11.43%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 79.28. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 5 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 17.14%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Hinai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PJKR 032 |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Hasil belajar; Permainan bola voli; Pendekatan saintifik; Passing bawah |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 07:31 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24662 |