Oktaviani, Ika (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPS Di KELAS IV SDN 064975 MEDAN DENAI T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.IKA OKTAVIANI,1113311017,COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2.IKA OKTAVIANI,1113311017,LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
3..IKA OKTAVIANI,1113311017,ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4.IKA OKTAVIANI,1113311017,KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5.IKA OKTAVIANI,11133111017,DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6.IKA OKTAVIANI,1113311017,DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7.IKA OKTAVIANI,11133111017,DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
8.IKA OKTAVIANI,1113311017,DAFTARLAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
9.IKA OKTAVIANI,1113311017,BAB I.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
13.IKA OKTAVIANI,1113311017,BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14.IKA OKTAVIANI,1113311017,DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064975 Medan, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Word Square sebagai sasaran utama bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Word Square dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran Word Square pada mata pelajaran IPS pada materi Perkembangan Teknologi Transportasi dan Komunikasi di kelas IV SD Negeri 064975 Medan Denai. Penelitian ini dilakukan dengan tindakan siklus I dan siklus II.
Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan observasi dan test. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tugas dengan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 064975 Medan Denai, dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran yang menggunakan model Word Square dapat meningkatkan hasil belajar.
Dari hasil temuan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa hasil test awal siswa masih memiliki tingkat KKM belajar di bawah 65%, yaitu 17 siswa (77,27%) yang belum meningkat dan memiliki tingkat KKM di bawah 65% dan sebanyak 5 orang (22,73%) yang telah meningkat dalam belajar dengan rata-rata kelas 48,86, sehingga baik secara individu maupun secara klasikal kemampuan awal (pre test) siswa masih tergolong belum meningkat. Pada siklus I terdapat 6 orang siswa (27,27%) yang belum meningkat dan sebanyak 16 orang (72,73%) yang telah meningkat dalam belajar dengan rata-rata kelas 77,00. Maka dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi Perkembangan Teknologi Transportasi dan Komunikasi berdasarkan tingkat keberhasilan secara klasikal masih tergolong belum berhasil. Pada siklus II sebanyak 20 orang siswa (90,91%) yang telah meningkat dalam belajar dan terdapat 2 orang siswa (9,09%) yang belum meningkat dalam belajar dengan nilai rata-rata kelas 82,95.
Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi Perkembangan Teknologi Transportasi dan Komunikasi pada pelajaran IPS telah mencapai peningkatan dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PGSD 048 |
Keywords: | Model pembelajaran Word Squre, IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 07:04 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 07:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24660 |