khairunnisa (2015) UPAYA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI NO. 026609 BINJAI SELATAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1113311025 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. 1113311025 LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (741kB) | Preview
3. 1113311025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. 1113311025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
5. 1113311025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. 1113311025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. 1113311025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. 1113311025 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. 1113311025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
10. 1113311025 BAB I.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
14. 1113311025 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
15. 1113311025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
IPA sering dianggap pelajaran yang membosankan dan menjenuhkan dalam proses pembelajaran, sehingga banyak siswa yang belum memahami materi pelajaran dengan baik serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sangat rendah. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahannya dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick di kelas IV Binjai Selatan.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 026609 Binjai Selatan Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 1 kelas yaitu 35 orang siswa yang terdiri dari 22 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Jadi dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan observasi.
Dari hasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pretes tingkat ketuntasan hasil belajar sebanyak 10 siswa 28,57% dengan nilai rata-rata 56,57 pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 15 orang siswa 42,85% dengan rata-rata nilai 61,14 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi sebanyak 30 orang siswa 85,71% dengan rata-rata nilai 75,14 sehingga baik secara individu maupun secara klasikal kemampuan awal (pre test) siswa masih tergolong belum tuntas. Pada siklus I terdapat 20 orang siswa (57,14%) yang belum tuntas dan sebanyak 15 orang siswa (42,85%) yang telah tuntas dalam belajar dengan rata-rata kelas 61,14. Maka dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami pokok bahasan energi dan perubahannya berdasarkan tingkat keberhasilan secara klasikal masih tergolong belum berhasil. Pada siklus II sebanyak 30 orang siswa (85,71%) yang telah tuntas dalam belajar dan terdapat 5 orang siswa (14,29%) yang belum tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata kelas 75,14.
Dari hasil yang diperoleh dari 35 orang siswa, dapat dilihat bahwa setelah dilakukan tindakan pada setiap siklusnya, terjadi peningkatan nilai. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Energi dan Perubahannya di kelas IV SD Negeri No. 026609 Binjai Selatan Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PGSD 047 |
Keywords: | Hasil Belajar, talking Stick, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 06:56 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24658 |