Tarigan, Andriatmaja (2015) PERBAIKAN PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA MODIFIKASI TONGKAT BERBUNYI DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI ESTAFET 4X100 PADA SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 1 TIGAPANAH TAHUN AJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6103311028 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 6103311028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
3. NIM. 6103311028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4. NIM. 6103311028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
5. NIM. 6103311028 DAFTAR_ISI.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
6. NIM. 6103311028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7. NIM. 6103311028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. NIM. 6103311028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
9. NIM. 6103311028 BAB I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
13. NIM. 6103311028 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14. NIM. 6103311028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses Hasil Belajar Lari Estafet 4x100 melalui Media Modifikasi Tongkat Berbunyi pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Tigapanah tahun ajaran 2014-2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran melalui media modifikasi yang dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk teknik dasar lari estafet sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan media modifikasi (pre test) diperoleh 3 kelompok (33,33%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 6 kelompok (66,67%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 70,56. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan media modifikasi. (2) dari tes hasil belajar menggunakan media modifikasi siklus I diperoleh 6 kelompok (66,67%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 kelompok (33,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 78,89. Kemudian dilakukan kembali Penerapan media modifikasi. (3) dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 8 kelompok (88,89%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 1 kelompok (11,11%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil siswa adalah 83,33. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 4,44 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 22,22%. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa perbaikan pembelajaran melalui media modifikasi tongkat berbunyi dapat meningkatkan hasil belajar lari estafet 4 x 100 pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Tigapanah Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PJS 014 |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Hasil belajar; Lari estafet; Modifikasi; Media pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 04:50 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24655 |