Harahap, Mulia Romadi (2015) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS X SMK AL-WASHLIYAH 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Mulia Romadi HRP NIM.6101112072 Cover.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. Mulia Romadi HRP NIM.6101112072 Pengesahan & Persetujuan.pdf - Published Version
Download (641kB) | Preview
3. Mulia Romadi HRP NIM.6101112072 Abstrak.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4. Mulia Romadi HRP NIM.6101112072 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. Mulia Romadi HRP NIM.6101112072 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. Mulia Romadi HRP NIM.6101112072 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. Mulia Romadi HRP NIM.6101112072 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. Mulia Romadi HRP NIM.6101112072 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. Mulia Romadi HRP NIM.6101112072 BAB I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
13. Mulia Romadi HRP NIM.6101112072 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. Mulia Romadi HRP NIM.6101112072 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penigkatan hasil belajar passing atas dalam materi bola voli dengan menggunakan metode tipe think pair share pada siswa kelas X SMK Al-Washliyah 4 Medan Tahun Ajaran 2014-2015.Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan teknik passing atas ini masih rendah dan hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang dapat dianalisis.Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan mereduksi data dan memapaparkan data dalam bentuk table,sehingga dapat dicari nilai rata rata dan persentase ketuntasan belajar.
Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 SMK Al-Washliyah 4 Medan Tahun Ajaran 2014-2015 yang berjumlah 30. Hasil penelitian pada siklus I Menunjukkan bahwa hasil belajar passing atas bola voli yaitu 47 % yang tuntas belajarnya, dan 53 % siswa yang tidak tuntas belajarnya.Hasil belajar siswa dalam melakukan passing atas pada siklus I secara keseluruhan 63 %.Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar passing atas permainan bola voli yaitu 86 % siswa yang tuntas belajarnya, dan14 % siswa yang tidak tuntas belajarnya.Dan hasil belajar siswa secara keseluruhan dalam melakukan passing atas dalam permainan bola voli pada siklus II yaitu 80 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode tipe think pair share dapat membrikan kontribusi yang sangat besar dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam melakukan passing atas permainan bola voli pada siswa kelas X2 SMK Al-Washliyah 4 Medan Tahun Ajaran 2014-2015.