Nasution, Muhammad Wildan (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI GAYA MENGAJAR DIVERGEN DI KELAS XI SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
Cover.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (703kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar dribbling kaki bagian dalam sepakbola yang didapat siswa kelas XI SMK Negeri 1 Stabat pada Tahun Ajaran 2014/2015 melalui gaya mengajar divergen. Subjek penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Stabat T.A 2014/2015, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 36 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dengan metode gaya mengajar divergen, maka diadakan tes hasil belajar pada Siklus I yang berbentuk melakukan teknik dasar dribbling kaki bagian dalam. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Stabat. Dari 36 siswa terdapat 9 siswa yang tuntas belajarnya (25%) dan 27 orang siswa yang tidak tuntas belajarnya (75%). Hasil dari siklus I terdapat 32 siswa yang tuntas belajarnya (89%), dan 4 siswa yang tidak tuntas belajarnya(11%). Dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tes awal sampai dilakukannya siklus I terjadi peningkatan, dapat dikatakan melalui gaya mengajar divergen dapat meningkatkan hasil belajar siswa.