Siringo-ringo, Ester (2015) HUBUNGAN PEMBERIAN GANJARAN (REINFORCEMENT) GURU DENGAN PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 020275 BINJAI TIMUR T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan
pemberian ganjaran (reinforcement) guru dengan perilaku belajar siswa kelas V
SD Negeri 020275 Binjai Timur. Manfaat penelitian ini adalah sebagai salah satu
bahan pertimbangan baik bagi guru, dan calon guru maupun pengelola pendidikan
untuk meningkatkan keterampilan dalam memberikan ganjaran (reinforcement).
Peneliti mengambil sampel dengan menggunakan teknik total sampling
sehingga diperoleh 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan
menggunakan Product Moment pada uji korelasi, dan uji t dengan taraf signifikan
= 0,05. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan
skala likert yang terdiri dari 4 opsional, yakni sangat sering, sering, jarang, dan
tidak pernah. Dari hasil pengujian instrumen yakni validitas dan realibilitas maka
diperoleh 25 item valid dari variabel pemberian ganjaran (reinforcement) guru dan
25 item valid dari variabel perilaku belajar.
Berdasarkan analisis deskriptif dan statistik, variabel pemberian ganjaran
(reinforcement) yang ditandai oleh dua aspek, yakni ganjaran (reinforcement)
positif dan ganjaran (reinforcement) negatif berada pada kategori baik. Sedangkan
variabel perilaku belajar yang ditandai lima aspek, yakni pengamatan, berpikir
asosiatif dan daya ingat, berpikir rasional dan kritis, inhibisi, dan apresiasi berada
pada kategori baik. Hasil statistik uji korelasi antara kedua variabel tersebut
diperoleh rxy > rtabel yaitu 0,971 > 0,396. Dan uji keberartian (uji t) diperoleh thitung
> ttabel yaitu 1,95 > 1,68. Maka Ha diterima dan Ho ditolak (M1 = M2) sehingga
hipotesis berbunyi “ada hubungan yang signifikan antara pemberian ganjaran
(reinforcement) guru dengan perilaku belajar siswa kelas V SD Negeri 020275
Binjai Timur T.A 2014/2015”.
Berdasarkan hasil pengujian dan dengan diterimanya hipotesis penelitian
ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan
antara pemberian ganjaran (reinforcement) guru dengan perilaku belajar siswa
kelas V SD Negeri 020275 Binjai Timur T.A 2014/2015. Hal ini menunjukkan
semakin efektiv pemberian ganjaran (reinforcement) guru, maka semakin baik
pula perilaku belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PGSD 020 |
Keywords: | Ganjaran, perilaku belajar, Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 03:28 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24631 |