Hayati, Vinda Safira (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS YANG MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TYPE PAIRED STORY TELLING DENGAN KONVENSIONAL PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SD NEGERI 101729 KP.LALANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311071_COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 1133311071_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
3. NIM. 1133311071_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
4. NIM. 1133311071_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
5. NIM. 1133311071_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. NIM. 1133311071_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM. 1133311071_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 1133311071_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM. 1133311071_BAB I.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
13. NIM. 1133311071_BAB V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
14. NIM. 1133311071_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Masalah yang terdapat pada penelitian ini adalah kemampuan siswa menulis belum
maksimal. Rendahnya kemampuan siswa menulis disebabkan oleh beberapa hal seperti
siswa tidak memperhatikan guru dan enggan mengerjakan tugas khususnya tugas menulis,
sulitnya siswa berkonsentrasi dan menemukan ide, serta model pembelajaran
yang diterapkan guru kurang tepat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis siswa
dengan menggunak model kooperatif type paired story telling dengan model
konvensional pada materi menulis karangan narasi berdasarkan gambar seri di kelas III
SDN 101729 Kp.Lalang tahun ajaran 2016/2017.
Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Populasi penelitian ini
adalah seluruh kelas III semester II SDN 101729 Kp.lalang dengan jumlah siswa
sebanyak 60 orang yang terdiri dari 2 kelas yakni IIIA dan IIIB . Dengan perincian 30
siswa kelas IIIA (kelas eksperimen) yang diajarkan dengan model kooperatif type
paired story telling sementara 30 siswa kelas IIIB (kelas kontrol) yang diajarkan dengan
menggunakan model konvensional.
Berdasarkan perolehan kemampuan siswa terlihat adanya perbedaan yang antara
kemampuan siswa yang diajar dengan menggunakan model kooperatif type paired
story telling dengan model konvensional, dimana rata-rata kemampuan yang diajarkan
dengan menggunakan model kooperatif type paired story telling sebesar 62,83 dengan
simpangan baku (SD) sebesar 14,42. Sedangkan dengan menggunakan model
konvesional hanya sebesar 55,55 dengan simpangan baku (SD) sebesar 12,39. Adanya
perbedaan kemampuan menulis tersebut dapat dibuktikan melalui pengujian hipotesis
dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α= 0,05, dimana (thitung > ttabel = 2,257
> 1,671) atau jatuh pada daerah penerimaan Ha, maka Ha diterima. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis dengan
menggunakan model paired story telling dengan model konvensional pada siswa kelas
III SD Negeri 101729 Kp.lalang tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 157 |
Keywords: | Kemampuan Menulis, Model Kooperatif Type Paired Story Telling, Model Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 May 2017 03:10 |
Last Modified: | 19 May 2017 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24597 |