Mukhlis (2017) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS X MAN 2 TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2132111013 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. NIM 2132111013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (807kB) | Preview
3. NIM 2132111013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM 2132111013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
5. NIM 2132111013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6. NIM 2132111013 TABLES.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7. NIM 2132111013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM 2132111013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
9. NIM 2132111013 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
13. NIM 2132111013 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
14. NIM 2132111013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap
kemampuan menulis teks puisi oleh siswa kelas X MAN 2 Tanjung Pura Tahun
Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X
MAN 2 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 315 orang
dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah 74 orang. Pengambilan sampel
dilakukan dengan cara menentukan dua kelas yang dijadikan wakil populasi, satu
kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model
desain penelitian two group post-test. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan
sebanyak satu kali masing-masing kelas yaitu sesudah pembelajaran dilakukan.
Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata post-test kelas kontrol 65,9, standar
deviasi 8,24, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 60 dan 63,3 sebanyak 5
orang atau sekitar 15,62 %. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 82,9, standar
deviasi 7,39, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 80 sebanyak 6 orang atau
sekitar 18,18%. Berdasarkan uji normalitas, hasil post-test di dua kelas dinyatakan
berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa
sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan
homogenitas dilakukan, diketahuilah t0 sebesar 8,67. Selanjutnya, t0
dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,04.
Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui to >ttabel,
yakni 8,67> 2,04. Dengan demikian, Ho (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis
alternatif) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif yang
signifikan pendekatan saintifik terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa
kelas X MAN 2 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2017 IND 046 |
Keywords: | Pengaruh pendekatan saintifik, menulis teks puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 May 2017 07:35 |
Last Modified: | 18 May 2017 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24585 |