Tinambunan, Roy Fikri (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII SMP ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM.8146122040_Caper.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2.NIM.8146122040_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
3.NIM.8146122040_Abstrak.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4.NIM.8146122040_Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
5.NIM.8146122040_Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6.NIM.8146122040_Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7.NIM.8146122040_Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8.NIM.8146122040_Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9.NIM.8146122040_Bab I.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
13.NIM.8146122040_Bab V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14.NIM.8146122040_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang ditemukan di SMP Islam Terpadu Al-Ulum Medan minimnya media pembelajaran yang memfasilitasi guru dalam proses pembelajaran PKN pada kelas VIII.A semester Ganjil, sehingga dilaksanakanlah penelitian yang bertujuan menghasilkan produk media interaktif berbasis Macromedia flash 8. Secara operasional tujuan tersebut dirinci kedalam tiga tahapan kerja yang berkaitan, yaitu: 1) mendeskripsikan rancangan multimedia interaktif, 2) mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran interaktif untuk siswa kelas VIII.A SMP Islam Terpadu Al-Ulum Medan dan 3) mengetahui efektivitas penggunaan pengembangan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VIII.A. SMP Islam Terpadu Al-Ulum. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan model ADDIE. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII 30 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode :pencatatan dokumen, kuesioner dan tes. Hasil penelitian menemukan (1) rancang bangun media pembelajaran interaktif berupa flowchart dan storyboard yang digunakan untuk mengembangkan sebuah produk pengembangan berupa media pembelajaran interaktif. (2) kualitas hasil pengembangan multimedia interaktif menurut ahli materi yaitu sebesar 91% berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil evaluasi ahli desain sebesar 87,66% berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil evaluasi ahli media sebesar 83,1% berada pada kualifikasi baik. Hasil uji perorangan sebesar 79% berada pada kualifikasi baik. Hasil uji perorangan sebesar 82,25% berada pada kualifikas sangat baik. Hasil uji kelompok sebesar 91,4% dan hasil uji lapangan sebesar 92,9% berada pada kualifikasi sangat baik. 3) berdasarkan hasil uji efektivitas penghitungan hasil belajar secara manual maka terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif. Nilai rata-rata setelah menggunakan media (90,5) lebih tinggi dibandingkan sebelum menggunakan media (62,40).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Tin p |
Keywords: | Media interaktif; Macromedia flash 8; Hasil belajar |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 May 2017 07:37 |
Last Modified: | 12 May 2017 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24564 |