Syahrina, Nur Elfi (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS IV SD NEGERI NO. 101772 TANJUNG SELAMAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1131111027 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 1131111027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
3. NIM 1131111027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4. NIM 1131111027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
5. NIM 1131111027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. NIM 1131111027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. NIM 1131111027 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM 1131111027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM 1131111027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
10. NIM 1131111027 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
11. NIM 1131111027 BAB I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
15. NIM 1131111027 BAB V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
16. NIM 1131111027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together materi energi alternatif dan cara penggunaannya di kelas IV SD Negeri No. 101772 Tanjung Selamat T.A 2016/2017. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV-b SD Negeri No. 101772 Tanjung Selamat T.A 2016/2017 yang berjumlah 37 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 2 siklus dimana setiap siklus dilakukan 2 x pertemuan. Jadi, dalam 2 siklus terdapat 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data kuantitatif berupa tes objektif yaitu soal pilihan berganda sebanyak 20 butir dan data kualitatif berupa observasi kegiatan mengajar guru. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dari 37 siswa kelas IV-b, jumlah siswa yang tuntas dalam pelaksanaan pre tes hanya sebanyak 2 siswa dengan persentase sebesar 5% sedangkan jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak 35 siswa dengan persentase 95% dan nilai rata-rata kelas sebesar 50,13. Oleh karena itu, pada tindakan selanjutnya peneliti menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together untuk mata pelajaran IPA. Pada tes siklus I, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa dengan persentase sebesar 57% sedangkan jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak 16 siswa dengan persentase 43% dan nilai rata-rata kelas diperoleh sebesar 68,38. Ini membuktikan adanya peningkatan dari sebelumnya dimana peningkatan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebesar 52%. Pada saat tes siklus II, jumlah siswa yang tuntas mencapai 32 siswa dengan persentase sebesar 86% sedangkan jumlah siswa yang belum tuntas hanyak sebanyak 5 siswa dengan persentase 14% dan nilai rata-rata kelas yang dicapai siswa sebesar 79,86. Terdapat peningkatan nilai hasil belajar dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 29%. Ini membuktikan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dimulai dari pemberian tes awal (pre tes), siklus I dan siklus II. Hal ini berarti hasil yang diperoleh siswa pada tes siklus II sudah mencapai tingkat ketuntasan belajar secara klasikal. Dari tindakan dan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi alternatif dan cara penggunaannya di kelas IV SD Negeri No. 101772 Tanjung Selamat T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 144 |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Ilmu pengetahuan alam |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 May 2017 08:30 |
Last Modified: | 09 May 2017 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24550 |