Siahaan, Romian (2017) PERBEDAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 101772 TANJUNG SELAMAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131111035 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 1131111035 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
3. NIM. 1131111035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. NIM. 1131111035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
5. NIM. 1131111035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM. 1131111035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 1131111035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 1131111035 BAB I.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
12.NIM. 1131111035 BAB V.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
13.NIM. 1131111035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Students Teams Achiviements Division) dan NHT ( Number Head Together) pada materi pokok Bilangan Bulat di SD Negeri 101772 Tanjung Selamat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas Eksperimen I yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas Eksperimen II yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya. Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-tes kelas Eksperimen I (STAD) adalah 41,55 dan rata-rata pre-tes kelas Eksperimen II (NHT) adalah 56,42. Semua data pre-tes, pos-tes diperoleh data berdistribusi normal. Data tersebut kemudian diuji homogenitasnya sehingga diketahui kedua kelas homogen. Setelah diberi perlakuan hasil belajar pada kelas Eksperimen I sebesar 81,55, dan kelas Eksperimen II diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 83,14. Dari data tersebut setelah dianalisis, maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas Eksperimen I adalah sebesar 68% dan peningkatan hasil belajar siswa kelas Eksperimen II adalah sebesar 60%. Sehingga dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan NHT
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 148 |
Keywords: | Model pembelajaran; Hasil belajar; Materi ajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 May 2017 08:25 |
Last Modified: | 09 May 2017 08:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24548 |