Naibaho, Verawati Angelina (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 106162 MEDAN ESTATE KAB. DELI SERDANG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER VERAWATI ANGELINA NAIBAHO (NIM 1133311067).pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN VERAWATI ANGELINA NAIBAHO (NIM 1133311067) - Copy.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
03. ABSTRAK VERAWATI ANGELINA NAIBAHO (NIM 1133311067).pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR VERAWATI ANGELINA NAIBAHO (NIM 1133311067).pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
05. DAFTAR ISI VERAWATI ANGELINA NAIBAHO (NIM 1133311067).pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL VERAWATI ANGELINA NAIBAHO (NIM 1133311067).pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR VERAWATI ANGELINA NAIBAHO (1133311067).pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
08. DAFTAR GRAFIK VERAWATI ANGELINA NAIBAHO (1133311067).pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
09.DAFTAR LAMPIRAN VERAWATI ANGELINA NAIBAHO (1133311067).pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
10.BAB 1 VERAWATI ANGELINA NAIBAH0.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
14. BAB V VERAWATI ANGELINA NAIBAHO.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA VERAWATI ANGELINA NAIBAHO (1133311067).pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Masalah yang ada dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok Bencana Alam di kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate Kab. Deli Serdang T.A 2016/2017.Guru masih mengutamakan metode ceramah, Keterampilan guru dalam mengelola kelas masih rendah sehingga sehingga motivasi belajar IPA siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk “meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate Kab. Deli Serdang T.A 2016/2017. Skripsi jurusan PPSD, Program studi PGSD FIP-UNIMED tahun 2017” Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan observasi pemberian angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD 106162 Medan Estate Kab Deli Serdang. Dari hasil data observasi dapat di ketahui bahwa Pada kondisi awal motivasi belajar siswa masih tergolong kurang hal ini di ketahui dari 3 orang siswa (9%) yang memiliki kriteria tinggi, 7 orang siswa (20%) yang mendapat kriteria cukup, dan 24 orang siswa (71%) yang mendapat kriteria kurang. Pada siklus I motivasi belajar siswa masih tergolong kurang hal ini di ketahui dari 8 orang siswa (24%) yang mendapat kriteria tinggi, 16 orang siswa (47%) yang mendapat kriteria cukup, dan 10 orang siswa (29%) yang mendapat kriteria kurang. Pada siklus II tingkat motivasi belajar siswa sudah termasuk tinggi, hal ini terlihat dari 28 orang siswa (82%) yang mendapat kriteria tinggi, 5 orang siswa (15%) yang mendapat kriteria cukup, dan 1 orang siswa (3%) yang mendapat kriteria kurang. Hasil angket pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 32% dan siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 91%. Hal ini menunjukkan bahwa setelah dilakukan siklus II motivasi belajar siswa meningkat. Penggunaan model Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi pokok Bencana Alam di kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate Kab. Deli Serdang T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 147 |
Keywords: | Motivasi; Materi pelajaran; Quantum teaching |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 May 2017 08:21 |
Last Modified: | 09 May 2017 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24547 |