Wijaya, Syah Putri (2017) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LAGU PANCA INDERA DI KELAS IV SDN NO.101775 KEC.PERCUT SEI TUAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1132111024_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1132111024_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
3. NIM. 1132111024_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4. NIM. 1132111024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. NIM. 1132111024_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 1132111024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. NIM. 1132111024_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. NIM. 1132111024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. NIM. 1132111024_BAB I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
13. NIM. 1132111024_BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 1132111024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPA dengan menggunakan media lagu panca indera di kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101775 Sampali Kec.Percut Sei Tuan tepatnya di kelas IV, semester genap tahun ajaran 2016/2017. Luas ruangan kelas IV 6 x 6 m2, berdinding tembok, lantai keramik, ventilasi udara yang cukup dan jumlah siswa sebanyak 28 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Serta dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang terdiri dari lemari, papan tulis, meja dan kursi guru, meja dan kursi siswa, serta spidol dan rol kayu. Aplikasi media lagu panca indera di kelas IV SDN No.101775 Kec.Percut Sei Tuan T.A 2016/2017 berpengaruh terhadap peningkatan minat siswa dalam pelajaran IPA khususnya materi panca indera pada tahap observasi dan angket. Penggunaan media lagu penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dimana tiap siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Penelitian dimulai dari kondisi awal kemudian dilaksanakan siklus I untuk meningkatkan minat belajar siswa dan jika terjadi peningkatan secara signifikan maka tidak perlu diadakan siklus lanjutan karena sudah memenuhi indikator pencapaian. Hasil angket pada kondisi awal siswa yang tidak berminat sebesar 100% dengan rincian 4 siswa termasuk dalam kriteria cukup atau sekitar 14,28% dan 24 siswa dalam kriteria kurang atau sebesar 85,72%. Siswa yang berminat pada siklus I yaitu 10 siswa atau sebesar 35,71% dan siswa yang tidak berminat sebanyak 18 siswa atau 64,29% dengan rincian 14 siswa dalam kriteria cukup atau sebesar 50,00% dan 4 siswa dalam kriteria kurang atau 14,29%. Pada siklus II siswa yang berminat sebanyak 28 siswa atau sebesar 100% dengan rincian 15 siswa dalam kriteria sangat baik atau sebesar 53,57% dan 13 siswa dengan kriteria baik atau sebesar 46,43%. Adapun rata-rata peningkatan minat kondisi awal 46,18%, siklus I yaitu 61,46%, siklus II yaitu 83,93%. Kemudian dari hasil observasi siklus I siswa yang berminat sebanyak 16 siswa atau sebesar 57,14% dan yang tidak berminat sebanyak 12 siswa atau sebesar 42,85% dengan rincian 8 siswa dalam kriteria cukup atau sebesar 28,57% serta 4 siswa dalam kriteria kurang atau sebesar 14,29% dan di siklus II siswa yang berminat sebanyak 28 siswa atau sebesar 100% dengan rincian 14 siswa atau sebesar 50,00% dalam kriteria sangat baik dan 14 siswa atau sebesar 50,00% dalam kriteria baik. Rata-rata observasi siklus I yaitu 66,57% dan siklus II yaitu 82,79%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media lagu panca indera dapat meningkatkan minat belajar IPA di kelas IV SDN NO.101775 Kec.Percut Sei Tuan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 151 |
Keywords: | Minat belajar; Media; Lagu; Materi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education M Music and Books on Music > M Music Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 May 2017 07:26 |
Last Modified: | 09 May 2017 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24543 |