Sianipar, Herlina F. (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111028 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM. 1133111028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 1133111028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4. NIM. 1133111028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 1133111028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
6. NIM. 1133111028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7. NIM 1133111028 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM 1133111028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM 1133111028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
10. NIM. 1133111028 BAB I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
14. NIM. 1133111028 BAB V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
15. NIM. 1133111028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching di kelas VA SD Negeri 104208 Cinta Rakyat.
Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan tindakan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan berganda dan lembar observasi untuk guru dan siswa. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dari 29 orang siswa, maka diperoleh hasil pre test sebelum dilakukan tindakan yaitu 1 orang siswa yang tuntas dengan persentase 3,45% dan 28 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase 96,55%, dengan nilai rata-rata kelas sebesar 42,06. Kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching maka diperoleh 18 orang siswa yang tuntas dengan persentase 62,07% dan 11 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase 37,93%, dengan nilai rata-rata kelas 67,44. Setelah dilakukan refleksi pada tindakan di siklus I maka dilakukan tindakan berikutnya di siklus II dan diperoleh 26 orang siswa yang tuntas dengan persentase 89,66% dan 3 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase 10,34% dengan nilai rata-rata kelas 80,41. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada mata pelajaran IPS materi Perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di kelas VA SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Tahun Ajaran 2016/2017 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 153 |
Keywords: | Model pembelajaran reciprocal teaching; Hasil belajar; IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 May 2017 04:25 |
Last Modified: | 09 May 2017 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24541 |