Harahap, Jamilatullaily (2017) PERBEDAAN MINAT BELAJAR ANTARA ANAK LAKI-LAKI DENGAN ANAK PEREMPUAN DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 106148 BULU CINA KECAMATAN HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 1131111016 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
02. NIM 1131111016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
03. NIM 1131111016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
04. NIM 1131111016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
05. NIM 1131111016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
06. NIM 1131111016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
07. NIM 1131111016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
08. NIM 1131111016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
09. NIM 1131111016 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
10. NIM 1131111016 BAB I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
14. NIM 1131111016 BAB V.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
15. NIM 1131111016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
Abstract
Penellitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat belajar antara anak laki-laki dengan anak perempuan ditinajau dari hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 106148 Bulu Cina Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa terdapat perbedaan minat belajar antara anak laki-laki dengan anak perempuan ditinjau dari hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 106148 Bulu Cina Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan, peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket tertutup dengan skala likert untuk variabel minat belajar (X) sedangkan instrumen untuk hasil belajar matematika (Y) menggunakan metode dokumentasi dari nilai harian dan ujian tengah semester serta ujian akhir semester ganjil. Teknik analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif yaitu menggunakan tabel distribusi frekuensi untuk memperoleh nilai rata-rata dan analisis statistik dengan menggunakan chi kuadrat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 106148 Bulu Cina yang berjumlah 53 orang dengan 31 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik total sampling. Minat belajar matematika secara umum di kelas V SD Negeri 106148 Bulu Cina T.A 2016/2017 tergolong sedang dengan rata-rata 72,52 dan ditinjau dari jenis kelamin, minat belajar matematika anak laki-laki tergolong cukup dengan rata-rata 71,16, sedangkan minat belajar matematika anak perempuan tergolong sedang dengan rata-rata 74,45. Sedangkan hasil belajar matematika secara umum di kelas V SD Negeri 106148 Bulu Cina T.A 2016/2017 tergolong sedang 73,07 dan ditinjau dari jenis kelamin, hasil belajar matematika anak laki-laki cenderung kurang dengan rata-rata 71,45, sedangkan hasil belajar matematika anak perempuan tergolong sedang dengan rata-rata 75,36. Selanjutnya hasil analisis data dengan uji Chi Kuadrat, Berdasarkan Xh2 = 8,51 dengan dk-3 pada taraf signifikan 0,05 dengan harga Xt2 sebesar 7,815. Maka Xh2 > Xt2 (8,51 > 7,815). Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 tidak dapat ditolak yaitu “Terdapat perbedaan minat belajar yang siginifikan antara anak laki-laki dengan anak perempuan ditinjau dari hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 106148 Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 145 |
Keywords: | Hasil belajar; Minat belajar; Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 May 2017 04:14 |
Last Modified: | 09 May 2017 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24540 |