Nellyana (2017) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP PENGENALAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERWANIS MEDAN T.A 2016-2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER SKRIPSI NELLYANA (1132113009).pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN NELLYANA (1132113009).pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
03. ABSTRAK NELLYANA (1132113009).pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR NELLYANA (1132113009).pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
05. DAFTAR ISI NELLYANA (1132113009).pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL NELLYANA (1132113009).pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR NELLYANA (1132113009).pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN NELLYANA (1132113009).pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
09. BAB I NELLYANA (1132113009).pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
13. BAB V NELLYANA (1132113009).pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA NELLYANA (1132113009).pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian ini yang menjadi suatu masalah adalah pendidik masih kurang
dalam penggunaan media yang dapat melibatkan anak saat proses pembelajaran khususnya
pada materi udara sehingga anak belum mampu menceritakan apa yang telah dipelajari.
Metode ceramah masih sering dilakukan dikelas sehingga kurang dapat memberikan
pemahaman kepada anak serta pengalaman yang berkesan dalam pembelajaran sains.
Terbatasnya alat-alat pembelajaran dikelas. Maka dari itu peneliti memilih untuk melakukan
pengenalan sains dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh metode eksperimen terhadap pengenalan sains anak usia
5-6 Tahun di TK Perwanis Medan T.A. 2016/2017.
Metodepenelitian ini termasuk penelitian eksperimen yaitu Posttest-Only Control
Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di kelas B TK Perwanis
Medan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas sampel yaitu kelas
eksperimen (B1) yang diberi pengajaran dengan menggunakan metode eksperimen dan
pengajaran di kelas kontrol (B2) menggunakan metode demonstrasi. Penentuan sampel
dilakukan secara acak (random) dengan jumlah setiap sampel kelas sebanyak 20 anak.
Variabel bebas adalah metode eksperimen sedangkan variabel terikat adalah pengenalan
sains. Intrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisis data mengunakan uji-t.
Dan observasi dilakukan pengobservasi dengan pedoman observasi yang telah disediakan.
Dengan taraf nyata α = 0,05.
Berdasarkan hasil pengumpulan data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas
eksperimen 10,8 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 9, sehingga pengenalan sains
anak pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai ratarata
pada kelas kontrol 8,7 dengan nilai tertinggi 10 dan nilai terendah 7, sehingga
pengenalan sains anak pada kelas kontrol memperoleh perbedaan yang signifikan.
Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan metode
eksperimen berpengaruh secara signifikan terhadap pengenalan sains anak yaitu dari hasil uji
hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 6,17> 1,705 pada taraf α = 0.05.
Sedangkan nilai Fhitung 1,15 dibandingkan dengan nilai Ftabel (α=0,05 dan dk
pembilang 19 dan penyebut 19) diperoleh 2,25; sehingga Fhitung < Ftabel; kesimpulan varians
data pengenalan sains anak kedua kelompok hasil penelitian berasal dari populasi yang
homogen.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan
metode eksperimendapat mempengaruhi pengenalan sains anak usia 5-6 tahun di di TK
Perwanis Sei Batang Serangan Medan T.A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 027 |
Keywords: | Pengenalan Sains Anak, Metode Eksperimen, Metode Demonstrasi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 May 2017 03:15 |
Last Modified: | 09 May 2017 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24532 |