ANALISIS TINGKAT KESUKARAN DAN DAYA PEMBEDA PADA BUTIR TES SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER BAHASA INDONESIA KELAS XII SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Lumbanraja, Lenny Hartaty (2017) ANALISIS TINGKAT KESUKARAN DAN DAYA PEMBEDA PADA BUTIR TES SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER BAHASA INDONESIA KELAS XII SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2131111030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2131111030 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2131111030 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2131111030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2131111030 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2131111030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2131111030 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2131111030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2131111030 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2131111030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2131111030 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2131111030 TABLES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2131111030  PICTURE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2131111030 PICTURE.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2131111030 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2131111030 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 2131111030 CHAPTER 1.PDF]
Preview
Text
9 NIM 2131111030 CHAPTER 1.PDF - Published Version

Download (570kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2131111030 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2131111030 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2131111030 REFERENCE.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2131111030 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah analisis tingkat kesukaran, daya pembeda dan distribusi tingkat kesulitan soal berdasarkan Taksonomi Bloom pada butir tes soal Ujian Tengah Semester. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis tingkat kesukaran, daya pembeda dan distribusi tingkat kesulitan soal berdasarkan Taksonomi Bloom pada butir tes soal Ujian Tengah Semester. Analisis ini terlebih dahulu dilakukan uji coba diantaranya adalah uji coba validitas dan reliabilitas. Adapun sampel sasaran uji coba dalam penelitian ini yaitu soal Ujian Tengah Semester bahasa Indonesia kelas XII SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil pengolahan data yang didapat, hasil uji coba validitas menyatakan bahwa dari 25 soal Ujian Tengah Semester terdapat 20 soal yang valid atau sebanyak (80%) dan 5 soal yang dinyatakan tidak valid atau sebanyak (20%). Sedangkan hasil uji coba reliabilitas menyatakan bahwa soal merupakan soal yang reliabel berdasarkan patokan perhitungan rumus K-R 20 DAN K-R 21 bahwa ≥ 0724, 0,663 maka soal yang diujikan memiliki reliabilitas yang tinggi. Setelah melaksanakan kedua uji coba tersebut maka disimpulkan bahwa butir soal masih belum memenuhi distribusi pembagian. Hal ini dilihat dari tingkat kesukaran soal Ujian Tengah Semester yang dibuat oleh guru dan dilaksakan di SMA Negeri 7 Medan merupakan kategori sedang sebesar 60% dan daya pembeda soal dikategorikan ke dalam kategori cukup dan baik yang memiliki proporsi pembagian yang sama sebesar 36%. Hasil pembagian distribusi tingkat kesulitan soal berdasarkan Taksonomi Bloom belum memenuhi kriteria, dikarenakan soal tersebut lebih banyak tergolong dalam kategori Pemahaman (C2) dan Aplikasi (C3) yaitu sebesar 40%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 IND 039
Keywords: Analisis butir soal; Validitas; Reliabilitas; Tingkat kesukaran; Daya pembeda; Distribusi penyebaran taksonomi bloom
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 May 2017 08:48
Last Modified: 05 May 2017 08:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24522

Actions (login required)

View Item
View Item