PERBEDAAN GAYA MENGAJAR DAN MOTOR EDUCABILITY TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI MAN RANTAUPRAPAT T.A 2016/2017

Syiroj, Akhmad (2017) PERBEDAAN GAYA MENGAJAR DAN MOTOR EDUCABILITY TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI MAN RANTAUPRAPAT T.A 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156112004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156112004 COVER.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156112004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156112004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156112004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156112004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156112004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156112004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156112004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156112004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156112004 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156112004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156112004 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156112004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156112004 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156112004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156112004 CHAPTER I .pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156112004 CHAPTER I .pdf - Published Version

Download (778kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156112004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156112004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156112004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156112004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran permainan bola besar khusus bola voli yang baik akan membantu siswa untuk memperoleh perkembangan motorik yang optimal dan juga dapat membantu siswa untuk mengembangkan potensinya dalam permainan bola voli. Dalam permainan bola voli terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh oleh pemain, salah satunya adalah passing. Passing yang digunakan dalam penelitian ini adalah passing bawah. Setelah dilakukan observasi pada sekolah MAN Rantauprapat, proses belajar mengajar pendidikan jasmani belum begitu baik khususnya untuk pembelajaran passing bawah bola voli, pada saat pembelajaran siswa sering mengalami kesulitan untuk melakukan gerakan passing bawah dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui apakah terdapat perbedaan antara gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar komando terhadap hasil belajar passing bawah bola voli, (2) Mengetahui apakah terdapat perbedaan antara gaya mengajar resiprokal dengan gaya mengajar komando bagi siswa yang memiliki motor educability tinggi terhadap hasil belajar passing bawah bola voli, (3) Mengetahui apakah terdapat perbedaan antara gaya mengajar komando dengan gaya mengajar resiprokal bagi siswa yang memiliki motor educability rendah terhadap hasil belajar passing bawah bola voli, (4) Mengetahui apakah terdapat interaksi antara gaya mengajar dengan motor educaility terhadap hasil belajar passing bawah bola voli. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa putra kelas XI MAN Rantauprapat tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 136 siswa, dengan mengambil sampel 40 siswa melalui teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan antara gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar komando terhadap hasil belajar passing bawah bola voli, dengan nilai Fhitung 11,983 > Ftabel 4,113 pada taraf signifikansi α = 0,05; (2) Bagi siswa yang memiliki motor educability tinggi, gaya mengajar resiprokal lebih baik dibandingkan gaya mengajar komando terhadap hasil belajar passing bawah bola voli, dengan Qhitung 16,76 > Qtabel 4,33 pada taraf signifikansi α = 0,05; (3) bagi siswa yang memiliki motor educability rendah, gaya mengajar komando lebih baik dibandingkan gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar passing bawah bola voli, dengan Qhitung 9,84 > Qtabel 4,33pada taraf signifikansi α = 0,05; (4) Terdapat interaksi antara gaya mengajar dengan motor educability terhadap hasil belajar passing bawah bola voli, dengan nilai Fhitung 176,896 > Ftabel 4,113 pada taraf signifikansi α = 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 796.325 071 2 Syi p
Keywords: Gaya mengajar; Motor educability; Passing bawah bola voli
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 May 2017 03:34
Last Modified: 05 May 2017 03:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24509

Actions (login required)

View Item
View Item