Armiadi (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS BUDAYA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM.8146122005. JUDUL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM.8146122005. LEMBAR PENGESAHAN-PERSETUJUAN-PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
3. NIM.8146122005. ABSTRAK B. INDO + B. ING.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4. NIM.8146122005. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NIM.8146122005. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM.8146122005. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
7. NIM.8146122005. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM.8146122005. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM.8146122005. BAB. 1.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
13. NIM.8146122005. BAB. 5.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14. NIM.8146122005. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran intaraktif berbasis budaya pada mata pelajaran matematika yang layak digunakan. (2) mengetahui efektifitas media pembelajaran intaraktif berbasis budaya pada mata pelajaran matematika. Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Thiagarajan yang lebih dikenal dengan nama model 4D, yaitu :Define (definisi), Design (Design), Develop (Pengembangan), Dissemnate (penyebaran). Hasil penelitian menunjukkan, (1) validasi ahli materi (86%) dengan kategori sangat baik, (2) validasi ahli desain instruksional (85%) dengan kategori sangat baik, (3) validasi ahli media pembelajaran (89%). (4) ujicoba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (89%), (5) ujicoba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (86,3%), (6) ujicoba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (81%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan penelitian media pembelajaran interaktif berbasis budaya pada mata pelajaran matematika layak digunakan. Pada tahap penyebaran di empat sekolah berbeda menunjukkan adanya kenaikan rata-rata dari nilai pretesdan posttest yaitu dari 63,65 menjadi 86,9. Serta persentase rata-rata hasil penilaian terhadap produk multimedia interaktif berbasis budaya memburoleh nilai 83,56% dengan kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan penelitian media pembelajaran interaktif berbasis budaya pada mata pelajaran matematika sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Arm p |
Keywords: | Media pembelajaran; Kebudayaan; Pembelajaran matematika; Macromedia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 May 2017 03:26 |
Last Modified: | 05 May 2017 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24508 |