Nasution, Zulaini Masruro (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP NEGERI 3 TEBING TINGGI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136172096 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 8136172096 APROVAL SHEET2.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
3. NIM. 8136172096 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
4. NIM. 8136172096 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM. 8136172096 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM. 8136172096 TABLES.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7. NIM. 8136172096 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8136172096 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (948kB) | Preview
12. NIM. 8136172096 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
13. NIM. 8136172096 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang diberi pendekatan PBM dan PMR. (2) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa yang diberi pendekatan PBM dan PMR. (3) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi yang signifikan antara pembelajaran matematika (PBM, PMR) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. (4) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi yang signifikan antara pembelajaran matematika (PBM,PMR) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Kemudian secara acak dipilih dua kelas. Kelas eksperimen 1 diberi PBM dan kelas eksperimen 2 dengan pembelajaran PMR. Instrumen yang digunakan terdiri dari : tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan angket motivasi belajar. Analisis data dilakukan dengan Uji analisis varian dua jalur (ANAVA). Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang diberi pendekatan PBM dan PMR. (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar antara siswa yang diberi pendekatan PBM dan PMR. (3) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara pembelajaran matematika (PBM, PMR) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. (4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara pembelajaran matematika (PBM, PMR) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) terhadap motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Nas p |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Pendidikan matematika realistik; Kemampuan pemecahan masalah; Motivasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 May 2017 07:08 |
Last Modified: | 04 May 2017 07:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24505 |