PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR ANTARA MODEL PEMBELAJARAN BRAIN-BASED LEARNING DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA SMP NEGERI 5 MEDAN

Muntaromah, Siti Nur (2017) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR ANTARA MODEL PEMBELAJARAN BRAIN-BASED LEARNING DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA SMP NEGERI 5 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8146172063 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8146172063 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8146172063 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8146172063 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8146172063 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8146172063 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8146172063 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8146172063 PREFACE.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8146172063 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8146172063 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8146172063 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. 8146172063 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8146172063 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. 8146172063 TABLES.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8146172063 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8146172063 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (854kB) | Preview
[thumbnail of 12. 8146172063 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8146172063 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8146172063 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8146172063 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi pembelajaran Brain-Based Learning (BBL) dengan siswa yang diberi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL); (2) Perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa yang diberi pembelajaran Brain-Based Learning (BBL) dengan siswa yang diberi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL); (3) Proses jawaban siswa terkait kemampuan penalaran matematis siswa dengan pembelajaran Brain-Based Learning (BBL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Medan sebanyak 60 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 5 Medan, dengan mengambil sampel dua kelas dari kelas VIII (kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2) melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan penalaran matematis dan angket motivasi belajar siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANACOVA. Sebelum digunakan uji ANACOVA terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dalam penelitian dan homogenitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi pembelajaran Brain-Based Learning (BBL) dengan siswa yang diberi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). (2) Terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa yang diberi pembelajaran Brain-Based Learning (BBL) dengan siswa yang diberi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). (3) Proses jawaban siswa dalam penyelesaian soal-soal kemampuan penalaran matematis yang diberi pembelajaran Brain-Based Learning (BBL) lebih baik dan bervariasi dibanding dengan siswa yang diberi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Mun p
Keywords: Pembelajaran brain-based learning (BBL); Pembelajaran contextual teaching and learning (CTL); Kemampuan penalaran matematis; Motivasi siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 04 May 2017 04:26
Last Modified: 04 May 2017 04:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24496

Actions (login required)

View Item
View Item