Muntaromah, Siti Nur (2017) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR ANTARA MODEL PEMBELAJARAN BRAIN-BASED LEARNING DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA SMP NEGERI 5 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8146172063 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. 8146172063 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
3. 8146172063 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
4. 8146172063 PREFACE.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
5. 8146172063 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. 8146172063 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
7. 8146172063 TABLES.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
8. 8146172063 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (854kB) | Preview
12. 8146172063 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
13. 8146172063 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi pembelajaran Brain-Based Learning (BBL) dengan siswa yang diberi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL); (2) Perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa yang diberi pembelajaran Brain-Based Learning (BBL) dengan siswa yang diberi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL); (3) Proses jawaban siswa terkait kemampuan penalaran matematis siswa dengan pembelajaran Brain-Based Learning (BBL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Medan sebanyak 60 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 5 Medan, dengan mengambil sampel dua kelas dari kelas VIII (kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2) melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan penalaran matematis dan angket motivasi belajar siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANACOVA. Sebelum digunakan uji ANACOVA terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dalam penelitian dan homogenitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi pembelajaran Brain-Based Learning (BBL) dengan siswa yang diberi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). (2) Terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa yang diberi pembelajaran Brain-Based Learning (BBL) dengan siswa yang diberi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). (3) Proses jawaban siswa dalam penyelesaian soal-soal kemampuan penalaran matematis yang diberi pembelajaran Brain-Based Learning (BBL) lebih baik dan bervariasi dibanding dengan siswa yang diberi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Mun p |
Keywords: | Pembelajaran brain-based learning (BBL); Pembelajaran contextual teaching and learning (CTL); Kemampuan penalaran matematis; Motivasi siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 May 2017 04:26 |
Last Modified: | 04 May 2017 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24496 |