Ramadhani, Rini (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI ADAN SELF EFFICACY MATEMATIKA SISWA SMP SWASTA JOSUA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8146171072 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2 NIM 8146171072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3 NIM. 8146171072 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4 NIM. 8146171072 PREFACE.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
5 NIM. 8146171072 LIST OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6 NIM. 8146171072 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7 NIM. 8146171072 LIST OF ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8 NIM. 8146171072 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (874kB) | Preview
12 NIM. 8146171072 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
13 NIM. 8146171072 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang telah dikembangkan, (2) Menganalisis self efficacy siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang telah dikembangkan, dan (3) Menganalisis efektivitas perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematika dan self efficacy siswa,. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi antara model pengembangan 4-D. Tahapan penelitian ini adalah define, design, develop dan disseminate. Dalam penelitian ini disusun perangkat pembelajaran dan instrumen yaitu : RPP, LAS, buku guru, buku siswa, tes kemampuan koneksi dan angket Self-efficacy. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VII-B sebanyak 23 orang dan VII-C sebanyak 23 orang di SMP Swasta Josua Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Peningkatan kemampuan koneksi matematika dilihat dari nilai N-gain yaitu 1,56 dalam kategori “tinggi”, dan (2) Self efficacy matematika siswa setelah pembelajaran menghasilkan nilai rata-rata sebesar 83,08, dan (3) Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif yaitu ketuntasan kemampuan koneksi mencapai 86,95%, respon siswa terhadap pembelajaran diperoleh rata-rata 94,31%, tujuan pembelajaran matematika untuk setiap butir soal telah tercapai, dan waktu pembelajaran tidak berbeda jauh dengan waktu pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Ram p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Pembelajaran berbasis pendekatan realistik; Koneksi matematika; Self-efficacy siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 May 2017 04:05 |
Last Modified: | 04 May 2017 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24494 |