Purba, Harry Lihardo (2017) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SIKAP POSITIF TERHADA MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG DIBERI PENDEKATAN PBM DAN PMR. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM 8146171035 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2 NIM 8146171035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
3 NIM 8146171035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4 NIM 8146171035 REFACE.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5 NIM 8146171035 LIST OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6 NIM 81461035 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7 NIM 81461035 LIST OF ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8 NIM 8146171035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
12 NIM 8146171035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
13 NIM 8146171035 BIBLIOGRAHY.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diberi PBM dan PMR, (2) Perbedaan peningkatan Sikap positif terhada matematika antara siswa yang diberi PBM dan PMR, ((2) Sikap positif terhadap matematika darisiswayang diajar melalui pendekatan PBM dan PMR,, (3) Proses jawaban siswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan PBM dan PMR. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen dengan desain Pretes-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Teladan Pematangsiantar. kemudian diilih secara acak dua kelas Dan sampel penelitian ini adalah kelas X-2 dan X-3. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (ANACOVA) di peroleh model regresi untuk kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen-1 adalah Y_(E_1 )=58,78+0,74 X_E dan untuk kelas eksperimen-2 Y_(E_1 )=66,05+0,82 X_E sedangkan untuk sikap positif terhadap matematika di peroleh model regresi kelas eksperimen-1 adalah Y_(E_1 )=16,83+0,99 X_E dan untuk kelas eksperimen-2 Y_(E_1 )=20,93+1,01 X_E danHasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diberi PBM dan PMR. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk F_hitung=17.908 lebih besar dari F_tabel=3.962. Konstanta persamaan regresi untuk PBM yaitu 66,05 lebih besar dari PMR yaitu 58,78 (2) Terdapat perbedaan peningkatan sikap positif terhadap matematika antara siswa yang diberi PBM dan PMR. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk F_hitung=40,276 lebih besar dari F_tabel=3.962. Konstanta persamaan regresi untuk PBM yaitu 66,05 lebih besar dari PMR yaitu 58,78 (3) Proses penyelesaian jawaban siswa kemampuan komunikasi matematis yang diberi PBM lebih baik dibandingkan dengan PMR.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Pur p |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Pembelajaran matematika realistik; Pemecahan masalah; Sikap positif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 May 2017 03:44 |
Last Modified: | 04 May 2017 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24491 |