Sari, Yuni Purnama (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR ACTIVITIES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS IV SD NEGERI 101775 SAMPALI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER YUNI PURNAMA SARI (1132111027).pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN YUNI PURNAMA SARI (NIM 1132111027).pdf - Published Version
Download (695kB) | Preview
03. ABSTRAK YUNI PURNAMA SARI (1132111027).pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR YUNI PURNAMA SARI (1132111027).pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
05. DAFTAR ISI YUNI PURNAMA SARI (1132111027).pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL YUNI PURNAMA SARI (1132111027).pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR YUNI PURNAMA SARI (1132111027).pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN YUNI PURNAMA SARI ( NIM 1132111027).pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
09. BAB I YUNI PURNAMA SARI (1132111027).pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
13. BAB V YUNI PURNAMA SARI (1132111027).pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA YUNI PURNAMA SARI (1132111027).pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
materi daun dengan menggunakan metode outdoor activities. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN
101775 Sampali di kelas IV pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan
jumlah siswa 28 orang. Terdiri dari 17 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan
menggunakan tes berupa soal pilhan berganda dan observasi, lembar observasi
yang digunakan adalah lembar observasi guru dan lembar observasi siswa.
Penelitian ini terdiri dari tahap awal (pre test) dan dua siklus yaitu Siklus I dan
Siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang sudah
dilakukan pada tahap awal diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 44,6 dengan
ketuntasan klasikal sebanyak 6 siswa (21,4 %) mendapat nilai tuntas, dan 22 siswa
(78,6 %) belum tuntas. Selanjutnya pada Siklus I, diperoleh nilai rata-rata siswa
sebesar 66,07 dengan 16 siswa (57,14 %) yang telah mencapai ketuntasan belajar
dan 12 siswa (42,86 %) yang belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II
nilai rata-rata siswa sebesar 80,71 dengan ketuntasan klasikal sebanyak 24 siswa
(85,71%) yang telah mencapai ketuntasan belajar dan 4 siswa (14,29 %) yang
belum mencapai ketuntasan belajar. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran outdoor activities
pada materi daun dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SDN 101775
Sampali. Berdasarkan hasil tersebut, sebaiknya penerapan metode pembelajaran
outdoor activities digunakan guru sebagai salah satu alternatif guru dalam upaya
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA maupun pada mata
pelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 133 |
Keywords: | Hasil belajar ,Metode Outdoor Activities, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2017 09:04 |
Last Modified: | 02 May 2017 09:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24442 |